95 Rabu, 16 Oktober 2013 | 05:26:39

Dapat Rejeki Ekstra? Gunakan Secara Bijak

dapat-rejeki-ekstra-gunakan-secara-bijak

Jika Anda cukup beruntung untuk memenangkan undian bernilai jutaan rupiah, Anda tidak perlu artikel ini; Anda hanya perlu tim ahli hukum dan keuangan untuk memastikan Anda tidak menyia-nyiakan kesempatan mendapatkan keamanan finansial seumur hidup. Tapi jika Anda menerima rejeki nomplok dengan nilai yang jauh lebih kecil, misalnya, perceraian, warisan atau bonus kerja, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memberikan dampak positif pada situasi keuangan anda saat ini.


Pertama-tama, tarik nafas dahulu. Sebelum berfoya-foya belanja, simpan uang dalam rekening tabungan sampai Anda selesai mengkaji gambaran total keuangan Anda. Perhitungkan hutang yang ada, biaya mendatang dan kebutuhan masa depan untuk memastikan Anda mengalokasikan uang sesuai dengan yang paling dibutuhkan.


Sisihkan uang untuk dana darurat. Untuk melindungi keluarga Anda dari dampak PHK atau krisis keuangan lainnya yang tidak terduga (seperti kecelakaan, kondisi darurat medis atau pencurian), aturlah keuangan Anda dengan menyisihkan secukupnya untuk menutupi setidaknya enam bulan biaya hidup.


Lunasi hutang. Sebelum menginvestasikan uang tersebut, melunasi utang terlebih dahulu adalah tindakan lebih baik - seperti tagihan kartu kredit,pinjaman mobil dan biaya kuliah, dan cicilan rumah. Pertama, mulailah dengan hutang yang memiliki suku bunga tertinggi, kemudian dilanjutkan secara berurutan ke bawah.
Sisihkan uang untuk dana pensiun. Banyak orang yang mengalami kesulitan untuk menyiapkan tabungan pensiun mereka. Salah satu strategi yang relatif tidak sulit adalah dengan membuat rekening tabungan dana pensiun. Uangnya secara otomatis didebetkan dari rekening utama Anda atau gaji tiap bulannya. Dengan adanya bunga berbunga, tabungan Anda pun akan terus bertambah.


Membiayai keperluan perguruan tinggi. Jika Anda punya anak, Anda mungkin sudah khawatir tentang bagaimana membiayai kuliahnya. Meskipun mengamankan dana untuk pensiun harus menjadi prioritas utama (Anda selalu bisa meminjam untuk pendidikan, tetapi tidak untuk pensiun), jika Anda mendapatkan rejeki tambahan bak durian runtuh,pertimbangkanlah untuk melakukan investasi atau menabung untuk dana pendidikan.


Anggaran. Setelah Anda menggunakan rejeki Anda untuk melunasi utang atau memulai rencana tabungan, jangan sampai tergelincir kembali ke kebiasaan buruk.


Dan yang terakhir adalah jangan lupa untuk memberikan penghargaan kepada diri sendiri karena memiliki disiplin dalam menggunakan rejeki nomplok keuangan Anda secara bijaksana. Saya suka aturan 90/10, dimana 90 persen berlaku untuk hasil utang atau tabungan dan 10 persen adalah untuk berbelanja secara royal untuk sesuatu yang menyenangkan.

Sumber : Pratical money skill

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel