141 Selasa, 01 Oktober 2013 | 05:25:28

Cara Pencairan Dana Jamsostek

cara-pencairan-dana-jamsostek

Niat untuk mencairkan dana Jamsostek ini dimulai dari cerita seorang teman yang sudah mencairkan dana Jamsosteknya. Kemudian saya mulai browsing untuk mencari tahu syarat dan ketentuan agar dapat mencairkan dana Jamsostek.

Karena saya sudah beberapa kali pindah kerja, maka saya memiliki tiga kartu Jamsostek tempat dimana saya bekerja dulu. Saya memang selalu meminta kartu Jamsostek yang baru setiap kali pindah kerja.

Berikut beberapa ketentuan awal yang harus dipenuhi untuk dapat mencairkan dana Jamsostek.

1.    sudah keluar/mengundurkan diri dari perusahaan tersebut.
2.     masa keanggotaan kepesertaan Jamsostek sudah melewati 5 tahun, atau pengertian mudahnya, usia kartu jamsostek anda sudah melewati 5 tahun.

Nah... untuk kasus seperti saya, dimana memiliki lebih dari satu kartu jamsostek yang ingin dicairkan, berdasarkan pengalaman pribadi saya, seluruh dana dari kartu Jamsostek tersebut bisa dicairkan sekaligus dengan syarat setidak tidak nya usia satu kartu jamsostek saya sudah lewat 5 tahun.


Kondisinya pada waktu itu, usia kartu jamsostek pertama saya sudah lewat 5 tahun, usia kartu yang kedua 3 tahun, dan usia kartu yang ketiga adalah 2 tahun. Dan karena satu kartu sudah lewat 5 tahun, semuanya bisa dicairkan sekaligus. Harus diingat, bahwa seluruh kartu tersebut harus dicairkan sekaligus ketiga tiganya. (jadi segala persyaratannya harus lengkap).


semoga dimengerti.

Kemudian syarat syarat berkas administrasi yang harus dibawa ke kantor Jamsostek adalah:


1.     Kartu Jamsostek asli, karena saya memiliki 3 kartu jamsostek tempat kerja di 3 perusahaan terdahulu, maka saya membawa ketiganya.
2.     KTP asli yang masih berlaku dan fotokopi ktp 2 lembar
3.     Kartu Keluarga asli dan fotokopi kartu keluarga 1 lembar
4.     surat pengalaman kerja dari perusahaan terdahulu atau selama menjadi peserta jamsostek, saya membawa tiga surat pengalaman kerja dari tiga perusahaan berbeda sesuai dengan tiga kartu  jamsostek saya.
5.    fotokopi buku rekening bank 1 lembar (bila dananya ingin ditransfer ke rekening bank)

Harus menjadi perhatian juga agar di surat pengalaman kerja yang kita miliki, nama perusahaannya harus sama seperti yang terdaftar di Jamsostek dan tanggal masuk dan keluar dari perusahaan tempat kita bekerja dulu sesuai dengan yang tersimpan di database jamsostek. Bila berbeda, terkadang mereka menyarankan kepada kita agar meminta surat pengalaman kerja yang sesuai.

Sesampainya di kantor Jamsostek, saya diberi formulir yang harus diisi. Yang harus diperhatikan adalah:
1.     Di kolom nama Ibu, isikan nama ibu sesuai dengan yang tertera di Kartu Keluarga. jangan dipersingkat atau ditambah tambahkan.


Jika segala persyaratan sudah lengkap, petugas administrasi akan menanyakan dananya akan dibayar tunai atau ditransfer, pada saat itu saya memilih untuk ditransfer ke bank. dan petugas meminta fotocopy buku rekening saya. Kebetulan saya membawa buku rekening tabungan saya, dan petugas tersebut membantu memfotocopykannya.
Selain itu, petugas akan bertanya beberapa hal kepada kita seperti nama ibu kandung, tempat tanggal lahir, nama perusahaan tempat kita bekerja. sepertinya untuk verifikasi saja.

Sebagai catatan, petugas mengijinkan pentransferan dana ke bank hanya bila nama rekening di bank sama dengan nama peserta jamsostek.
Petugas menjanjikan pentransferan dana dalam waktu 7 hari kerja dan memberikan nomor ekstensi telepon kepada saya bila dana jamsostek saya tidak kunjung cair dalam 7 hari.
Dan sesuai janjinya, dana jamsostek saya masuk ke rekening bank yang saya ajukan dalam waktu seminggu. Caiirrrrrr....

Saya mengurus jamsostek saya di kantor jamsostek cilandak, jl T.B. Simatupang, Jakarta Selatan. Petugasnya dimulai dari security sampai ke petugas administrasi ramah seperti pegawai bank, dan kondisi kantornya juga nyaman dan bersih, memiliki tempat duduk yang banyak, disediakan koran dan televisi.
Kebetulan pada saat itu ada petugas lain yang memberikan kuesioner kepada saya tentang pelayanan jamsostek di cilandak tersebut, dan saya memberikan nilai setinggi tingginya sebagai tanda kepuasan saya. dan saya malah mendapatkan dompet alat tulis sebagai partisipan. hehehe....

Oleh karena itu, bagi teman teman jangan ragu untuk mencairkan dana jamsosteknya. jika memang sudah memenuhi persyaratan, segera berangkatt. Mudah dan memuaskan. Asal membawa berkasnya secara lengkap. 

Sumber : alexanderblog

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel