110 Kamis, 17 Oktober 2013 | 05:19:06

Tips Sederhana Mengajari Anak Menabung

tips-sederhana-mengajari-anak-menabung

Menanamkan disiplin menabung untuk anak-anak kita merupakan investasi penting dan setiap orangtua harus mengajarinya sejak kecil. Dengan mengajarkan anak-anak Anda bagaimana cara menyimpan uang, dengan ini Anda dapat memastikan bahwa mereka menjadi perencana keuangan yang baik ketika mereka tumbuh dewasa. Anak-anak adalah pelajar yang baik dan mengajarkan mereka bagaimana cara menabung adalah tugas sederhana.

Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang bisa anda lakukan :

1. Membantu mereka untuk menetapkan tujuan
Anak-anak dengan mudah belajar untuk menyimpan setelah mereka memiliki tujuan penghematan. Sebagai lawannya adalah ketika anak meminta untuk dibelikan segala sesuatu, Anda harus memberi pengarahan yang terbaik agar mereka mau menabung. Dengan cara ini, dorongan untuk membeli sesuatu akan berkurang dan kemungkinan mereka akan aktif menabung. Duduklah dengan anak Anda dan tetapkan tujuan apa saja yang harus dibeli melalui tabungan. Anda dapat mengatur jadwal yang menunjukkan harga barang terhadap akumulasi tabungan. Dengan cara ini, anak Anda dapat membayangkan jarak yang ditempuh.

2. Mendorong mereka untuk menyisihkan uang saku
Jika Anda memberikan anak-anak uang saku, Anda harus selalu mendorong mereka untuk menyimpan sebagian dari uang saku mereka.

3. Membuka rekening bank dengan mengajak anak
Pembukaan rekening bank dengan anak akan membantu mereka memahami proses perbankan pada tahap awal dalam kehidupan mereka. Bank memainkan bagian penting dari keuangan kita dan penting bahwa anak-anak bisa belajar ditahap awal.

4. Ajarkan mereka untuk menghabiskan apa yang mereka mampu
Adalah penting bahwa Anda mengajarkan anak Anda untuk menghabiskan hanya pada apa yang mereka mampu. Ini akan melindungi mereka dari perangkap kartu kredit. Anda harus membantu anak-anak Anda secara sadar sesuai dengan kebutuhan mereka untuk apa yang mereka mampu. Jika item terlalu mahal untuk dana yang mereka miliki saat ini, Anda bisa mengajari mereka bagaimana menyimpan hingga mampu atau bagaimana untuk memilih alternatif yang lebih murah untuk item yang sama.

5. Mendorong mereka untuk hemat
Cara lain untuk mendorong anak Anda agar berhemat adalah dengan mencocokkan kontribusi tabungan mereka. Anda dapat meminta mereka menghemat setengah biaya dari barang-barang yang mereka ingin beli dan Anda dapat berkontribusi setengah lainnya. Dengan cara ini, mereka dapat didorong untuk menyimpan lebih banyak karena jumlah pencocokan juga akan lebih.

6. Jadilah contoh yang baik untuk anak Anda
Selain mengajari mereka bagaimana untuk menyimpan, adalah penting bahwa Anda menjadi contoh yang baik bagi anak-anak Anda. Anak-anak belajar lebih banyak dari apa yang mereka amati. Jadi, biarkan anak Anda tahu bahwa Anda menabung untuk membeli barang yang sedang anda inginkan dan bahwa Anda tidak mampu untuk membelinya, dengan cara menabung baru bisa anda membelinya. Tunjukkan pada mereka bahwa Anda juga memilih alternatif yang lebih murah ketika tidak mampu membayar barang. Hidup dengan contoh akan memiliki dampak yang lebih besar dalam melatih anak-anak Anda tentang hal ini terutama dalam hal menabung.

Sumber : vivanews

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel