113 Kamis, 17 Oktober 2013 | 04:28:32

Mengajukan Kredit dengan Cerdas

mengajukan-kredit-dengan-cerdas

Sebelumnya apa itu kredit tanpa agunan? Kredit tanpa agunan adalah produk bank. Produk ini menawarkan peminjaman sejumlah dana. Menariknya, kredit ini tidak membutuhkan jaminan. Jadi berbeda dengan kredit lainnya. Akan tetapi bukan berarti tanpa syarat. Tetap ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.
Sertifikat memang tidak dibutuhkan. Akan tetapi Anda harus memiliki pekerjaan tetap. Pendapatan Anda juga harus tetap.

Tiap bank biasanya memiliki batasan yang berbeda. Namun secara umum gaji minimal Rp 2.500.000. Nominal ini khusus untuk Jabodetabek dan Bandung. Untuk diluar itu, gaji minimal Rp 2.000.000.
Syarat wajib lainnya adalah WNI. Selain itu juga harus tinggal di Indonesia. Umur minimal adalah 21 tahun. Sedangkan umur maksimal adalah 55 tahun. Ini dihitung pada saat kredit lunas. Jumlah kredit juga ada batasnya. Batasnya adalah 5 kali gaji.


Mungkin kredit tanpa agunan tidak membutuhkan jaminan. Namun tetap ada dokumen yang harus dipenuhi. Untuk pinjaman besar, dibutuhkan juga NPWP. Selain itu masih ada beberapa biaya. Biaya ini variatif. Disesuaikan dengan limit kredit. Umumnya 2-3% dari limit kredit.
 
Setelah memahami KTA, kini muncul pertanyaan lain. Bagaimana mengajukan KTA? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yang pertama adalah pemilihan bank. Ada banyak bank yang menawarkan KTA. Untuk itu kumpulkan informasi mengenai beberapa bank. Selanjutnya kenali perbedaan masing-masing bank.


Memilih bank harus disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk itu pilih yang persyaratannya mudah. Pertimbangkan juga limit kreditnya. Pilih yang limit kreditnya sesuai dengan harapan. Kepemilikan kartu kredit bisa membantu proses pengajuan. Untuk itu sebaiknya Anda memiliki kartu kredit. Akan tetapi ini tidak harus.


Selanjutnya persiapkan syarat-syarat yang diminta. Siapkan semua dokumen yang dibutuhkan. Satu hal lagi yang sebaiknya Anda ketahui. Sebaiknya Anda juga memiliki nomor telepon rumah. Biasanya bank memilih menghubungi lewat telepon. Nomor telepon rumah memang lebih terpercaya. Inilah yang membuat bank lebih percaya.


Setelah semuanya sudah siap, mulai ajukan KTA. Anda bisa mengunjungi bank secara langsung. Mengajukan secara online juga bisa. Isi formulir yang disediakan. Isi dengan data yang valid. Selanjutnya lakukan konfirmasi ulang. Terutama jika mengajukan kredit tanpa agunan online.


Setelah pengajuan formulir, selanjutnya masuk tahap verifikasi. Di sini bank akan melakukan wawancara. Wawancara bisa secara langsung atau via telepon. Ini dilakukan untuk mengecek kelengkapan persyaratan KTA. Selanjutnya bank akan melakukan survey ke rumah. Akan tetapi tidak selalu demikian. Bisa juga kantor Anda yang disurvey.


Setelah proses selesai, tinggal menunggu kabar. Jika pengajuan disetujui, Anda bisa segera mencairkannya. Jika tidak, Anda bisa mengajukan kembali. Akan tetapi ajukan ke bank lain. Siapa tahu kredit tanpa agunan tersebut disetujui. Untuk itu buatlah list bank yang cocok.
 
Sumber : property kita

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel