78 Jum'at, 04 Oktober 2013 | 10:02:04

Ini Saran untuk Investor yang akan Beli Rumah di Detroit

ini-saran-untuk-investor-yang-akan-beli-rumah-di-detroit

Setiap keputusan investasi pastinya selalu ada risiko termasuk investasi di sektor properti. Dalam paradigma investor saham, membeli saat harga saham rontok menjadi peluang yang bisa menguntungkan, lalu apakah ini berlaku juga untuk investasi rumah murah di Detroit, Amerika Serikat (AS)?

Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda mengatakan, saat ini memang banyak perusahaan broker atau pengembang menawarkan investasi rumah murah di kota industri otomotif AS yang sempat mengajukan pailit tersebut. Ali memberikan beberapa catatan soal tawaran investasi tersebut, termasuk perlunya kehati-hatian seorang calon investor.

"Yang nawarin banyak, tapi yield-nya bisa dijamin nggak. Potensi investasi di Detroit ini memang tergantung ekonomi di sana, lalu bagaimana dengan pengawasan investor. Harganya memang murah Rp 300 jutaan, kalau saya pribadi lebih baik beli di sini (Indonesia)," kata Ali, Kamis (3/10/2013)

Menurut Ali, sang investor harus berhitung berapa lama investasinya bisa balik kembali dalam periode tertentu. Alasannya uang yang ditanamkan di properti, apalagi di negara lain harus dianggap sebagai uang 'mati'

"Kalau melihat harga memang properti di Detroit sedang jatuh, sama seperti saham memang betul saatnya membeli, tapi berapa lama baliknya?" katanya.

Ali menuturkan, properti di Detroit berbasis kota yang hidup dari industri, di Indonesia kondisi ini mirip dengan Kota Cikarang, Jawa Barat. Konsekuensi sebagai kota industri, maka tarif sewa rumahnya lebih rendah dibandingkan dengan kota-kota lainnya.

"Jadi kalau mau investasi di luar negeri harus hati-hati, terutama soal masalah pengawasannya, berapa capital gain-nya dan yield-nya. Saya pribadi lebih memilih ke Singapura dan Australia," katanya.

Dampak krisis 2008 lalu membuat kondisi pasar properti di Kota Detroit, AS sempat jatuh ke titik terendah terkena imbas hancurnya industri otomotif yang sudah sejak lama menjadi jantung Detroit. Bahkan hingga kini harga rumah di Detroit dianggap paling terendah di AS.

Kondisi ini dibaca oleh perusahaan-perusahaan pengembang seperti dari Singapura. Mereka berburu rumah murah di Detroit, kemudian merenovasinya dan menyewakan hingga menjualnya kembali ke pasar Asia seperti Singapura, Hong Kong, dan lainnya.

Sumber : Detik Finance

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel