48 Senin, 28 Oktober 2013 | 10:50:31

Cara Cerdas Memilih Kredit Rumah

cara-cerdas-memilih-kredit-rumah

Kredit rumah memang perlu perencanaan yang matang. Untuk itu dibutuhkan analisa yang akurat. Sebelum menentukan KPR yang dipilih, pahami ini. Memilih KPR itu sesuai dengan kebutuhan. Jadi ketahui dulu kebutuhan Anda. Kekuatan keuangan Anda juga perlu dipertimbangkan. Selanjutnya tentukan batas angsuran yang Anda inginkan.

Persiapan dari sisi pribadi sudah siap. Selanjutnya tentukan properti yang akan dibeli. Harga properti hendaknya disesuaikan dengan kemampuan. Jangan memilih properti di luar jangkauan. Akan tetapi pertimbangkan juga kenyamanannya. Hal ini meliputi infrastruktur dan akses jalan. Selain itu pertimbangkan juga nilai investasinya.

Nilai properti cenderung selalu naik. Namun tingkat kenaikan ini beragam. Ini tergantung dari lokasi properti tersebut. Untuk itu sebaiknya pilih lokasi yang potensial. Tidak harus dekat dengan pusat kota. Paling tidak lokasi tersebut cukup ramai. Setelah menentukan properti, barulah menentukan KPR.

Saat ini mencari KPR sangat mudah. Hampir semua bank besar menyediakannya. Namun sebaiknya pilih bank yang kompeten. Kredibilitas bank harus benar-benar dipertimbangkan. Tapi Anda juga perlu mengetahui ini. Setiap bank biasanya memiliki pangsa pasarnya masing-masing. Jadi menemukan rekomendasi kredit rumah haruslah cermat.

Ada bank yang fokus pada pasar investor. Ada juga yang fokus ke pembeli pertama. Jadi tentukan di manakah posisi Anda. Untuk pembeli pertama, ada bank BTN. Bank syariah umumnya juga demikian. Ada beberapa kemudahan yang ditawarkan. Angsurannya biasanya juga terbilang ringan.

Dalam memilih KPR, kenali dulu kebijakan bank. Apakah persyaratannya mudah dipenuhi? Jika mudah bagi Anda, pertimbangkanlah. Selanjutnya kenali besaran pinjaman maksimalnya. Ketahui bunga KPR dan lama angsurannya juga. Sebaiknya angsuran jangan terlalu lama. Semakin lama berarti semakin tinggi hasil akhirnya.

Fitur-fitur KPR juga perlu dipertimbangkan. Cari tahu apakah ada asuransinya. Kenali apakah ada fitur take over kreditnya. Semua itu untuk persiapan saja. Masa depan tidak pernah bisa ditebak. Siapa tahu kelak ada kejadian tak diinginkan. Bahkan bisa jadi Anda perlu menjual properti.

Selain KPR ada rekomendasi kredit rumah lain. Salah satunya adalah melalui leasing. Dasar memilihnya juga sama. Pertama pastikan dulu kredibilitasnya. Jika sudah jelas, pilih yang sesuai kebutuhan. Prinsip dasarnya sama seperti memilih KPR bank. Hanya saja biasanya kebijakannya sedikit berbeda.

Kredit lewat perorangan juga bisa. Tapi cara ini tidak fleksibel. Tidak semua penjual mau menjual secara kredit. Umumnya mereka ingin cash. Akan tetapi tidak ada salahnya dicoba. Biasanya bunganya bisa lebih kecil dari bank. Lama cicilannya juga bisa dinego.

Namun Anda perlu hati-hati. Untuk berjaga-jaga, buatlah kesepakatan resmi. Kesepakatan di atas kertas harus ada. Untuk membuatnya, bekerjasamalah dengan notaris yang terpercaya. Cara ini juga menjadi rekomendasi kredit rumah.

Sumber : Property Kita

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel