126 Kamis, 24 Oktober 2013 | 05:20:18

5 Tips Investasi Properti

5-tips-investasi-properti

Bisnis investasi properti memang sangat digemari saat ini. Dalam dunia properti, bisnis investasi jenis ini masih harus dibagi lagi menjadi beberapa bagian, misalnya bisnis bidang rumah, tanah, dan atau apartement. Banyak orang menekuni bisnis ini karena memang keuntungan yang didapat sangatlah besar. Namun ketika memutuskan untuk masuk dan terjun dalam bisnis, ada baiknya Anda tetap selalu waspada. Mengingat beberapa kerugian seperti menyusutnya nilai bangunan bisa terjadi.

Berikut adalah beberapa tips investasi properti yang perlu Anda tahu.

1. Tips investasi properti yang pertama adalah kenali jenis investasi yang akan Anda lakukan, misalnya apartemen dan rumah, besera kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Kelebihan investasi apartemen adalah harga jualnya yang jauh lebih tinggi dari pada rumah. Sayangnya, biaya perawatan apartemen jauh lebih mahal dan memiliki nilai jual yang relatif lebih kecil karena penyusutan nilai dari tahun ke tahun. Selain itu, masalah terbesar adalah apartemen sulit untuk direnovasi. Untuk rumah, ia lebih mudah untuk dijual. Sayangnya, dana perawatan jauh lebih besar.

2. Tips investasi properti berikutnya adalah selalu hargai waktu. Harga properti bisa naik ataupun menurun drastis dalam hitungan menit saja. Selalu update tentang perkembangan berita properti dan selalu bersikap cermat dan cerdas dalam menentukan setiap keputusan. Pastikan Anda tahu kapan harus melangkah, dan kapan harus berhenti sejenak untuk memikirkan langkah-langkah selanjutnya. Properti bukanlah sebuah investasi yang murah. Anda tentu tidak ingin mendapatkan banyak kerugian karenanya.

3. Dalam suatu kawasan atau area, harga properti bisa berbeda. Di area yang satu, harga bisa sangat mahal, sementara area lain, harga cenderung sangat murah. Inilah yang disebut dengan istilah gap zone. Apabila Anda ingin menjadi seorang investor, perlu melihat dengan lebih jeli dengan adanya gap zone tersebut. Sehingga Anda dapat memutuskan untuk menyalurkan dana pada kawasan yang mana.

4. Anda juga harus waspada pada perkembangan di masa depan. Sebelum Anda mengalokasikan  dana pada kawasan tertentu, pelajari dengan cermat perkembangan tata kota di daerah yang Anda minati. Contohnya, harga tanah di daerah Karawang bisa naik berkali-kali lipat dikarenakan pemerintah membuatnya sebagai sebuah area industri. Untuk itulah Anda harus lebih cermat dalam melihat kondisi sekitar. Adakah perkembangan jalan tor atau pusat industri dan bisnis yang dapat meningkatkan harga properti?

5. Yang terakhir, ambil motto ini. Beli tinggi, jual dengan lebih tinggi. Dalam suatu daerah, Anda cenderung ragu untuk membeli properti dengan harga mahal. Namun jangan takut. Beli saja apabila kondisi lingkungannya sangat strategis. Lingkungan strategis akan membuat harga properti naik setiap tahunnya. Sehingga Anda bisa menjualnya dengan harga yang lebih tinggi daripada harga beli tadi.

Sumber : Property Kita

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel