123 Senin, 16 September 2013 | 04:25:32

Lima Kesalahan dalam Berinvestasi Properti

lima-kesalahan-dalam-berinvestasi-properti

Properti memang menjanjikan keuntungan yang menggiurkan bila si investor mengetahui semua ilmu dan seluk-beluk bisnis riil ini. Sebaliknya jika melakukan kesalahan, bukan keuntungan yang diraih, tetapi kerugian yang akan datang.

Dalam seminar bertajuk ‘Berkebun Uang di Bisnis properti’, Pengamat properti, Ali Tranghanda mengatakan, setidaknya ada lima kesalahan yang sering dilakukan investor properti:

Tidak Menguasai Pasar Lokal
Salah satu sifat pasar properti adalah localized alias bersifat lokal. Pasar properti di satu tempat bisa saja berbeda dengan tempat lain. “Untuk itu, jika kita tidak tahu seluk beluk pasar properti di satu tempat, sebaiknya kita serahkan kepada ahlinya, yakni orang setempat yang tahu pasar di sana,” kata Ali.

Terlalu Percaya Diri
Umumnya, orang yang terlalu percaya diri tidak akan mau mendengar pendapat orang lain. “Hal ini berbahaya bagi seorang investor properti,” jelas Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch ini.

Latah Berinvestasi
Terkadang investor hanya ikut-ikutan berinvestasi properti karena melihat orang lain mendapat keuntungan, tetapi tidak memerhatikan bahwa properti yang dibelinya sudah over supply atau pasar sudah jenuh.

Terlalu Perfeksionis
Sebagai contoh, investor yang ingin menyewakan rumahnya, tetapi dia mempercantik rumah tersebut dengan berlebihan. Hal ini sah-sah saja, kata Ali, tetapi secara investasi akan membebani cost.

Timing yang Salah
Untuk membeli, menjual, atau menahan properti, investor harus mengetahui saat yang tepat. Sebuah kesalahan jika investor membeli properti di saat terjadi booming properti, karena harga properti pasti tinggi. Waktu yang tepat membeli properti adalah saat booming lewat dan harga turun.

Sumber : Rumah

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel