111 Kamis, 12 September 2013 | 04:48:53

5 Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

5-cara-bijak-menggunakan-kartu-kredit

Kartu kredit menjadi teman yang menyenangkan bila Anda paham cara memanfaatkannya dengan baik. Berikut 5 tips bijak menggunakan kartu kredit.

Jason Kelly dalam bukunya berjudul Financially Stupid People Are Everywhere: Don't Be One of Them menyebut 5 cara bijak gunakan kartu kredit seperti di bawah ini:

Pastikan memiliki uang untuk membayar tagihan saat jatuh tempo

Dengan membayar lunas setiap tagihan, makan Anda tidak akan terkena denda dan bunga, serta manfaatnya dapat Anda dapatkan secara maksimal.

Tanggal pembayaran dibuat dekat dengan penerimaan gaji

Melalui cara ini, semua tagihan dapat Anda lunasi sebelum uangnya terpakai untuk keperluan lain.

Perhatikan biaya tahunan

Untuk beberapa kartu kredit, biaya tahunan dapat dibayar dengan poin yang Anda dapatkan ketika berbelanja. Tapi, apabila tidak memiliki poin, cobalah bernegosiasi dengan pihak kartu kredit. Ada beberapa cara yang ditawarkan sehingga biaya tahunan menjadi gratis. Jika tidak ingin ambil pusing, pilihlah kartu kredit yang tidak mengenakan biaya tahunan seumur hidup.

Stop menambah kartu kredit

Masing-masing kartu kredit  memberi manfaat yang berbeda-beda serta discout merchant yang berbeda pula. Ini yang membikin banyak orang sering merasa tidak cukup dengan satu kartu kredit saja.  Namun, semakin banyak kartu kredit yang Anda pegang, semakin tinggi godaan untuk memakainya, membuat tingkat konsumsi meningkat. Pilihlah manfaat yang benar-benar Anda rasakan, dan beranilah mengatakan tidak setiap ada penawaran kartu kredit.

Telepon penerbit kartu jika tak bisa membayar lunas

Agar tidak menjadi beban yang berkepanjangan, segeralah telepon bank penerbit kartu kredit Anda, dan mintalah keringanan bayar dalam 3 bulan, 6 bulan, atau waktu yang memungkinkan untuk dinegosiasikan dengan bank. Untuk jangka pendek, biasanya bank mengenakan bunga yang jauh lebihkecil dari bunga utang sehingga Anda terhindar dari pengenaan denda serta hutang yang terus membengkak.

Sumber : Kabar24

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel