68 Senin, 09 September 2013 | 04:13:17

Hal-hal Penting Sebelum Mengirim Anak Belajar ke Luar Negeri

hal-hal-penting-sebelum-mengirim-anak-belajar-ke-luar-negeri

Banyak anak muda bermimpi untuk sekolah di luar negeri agar bisa mengalami hal-hal menarik di lingkungan baru bersama teman-teman baru seputar mata pelajaran yang mereka senangi. Mereka tentu akan berdiskusi dengan orang tua; sekolah apa yang dirasa cocok, subyek apa yang dianggap menarik bahkan mungkin akan berdiskusi mengenai perkiraan biaya. Namun, pada akhirnya, tanggung jawab untuk mencari tahu semua detail yang diperlukan untuk memastikan bahwa si anak memenuhi syarat untuk belajar di luar negeri jatuh kembali pada orang tua.

Rita, salah satu penasihat di Indonesia-Britain Education Centre (IBEC), menjelaskan tentang hal-hal yang perlu disiapkan para orang tua sebelum mengirim anak-anak mereka ke luar negeri serta hal-hal yang cenderung dilupakan pada tahap perencanaan.

Perencanaan Keuangan: Menurut Rita, ini adalah hal terpenting yang perlu dilakukan orang tua. Mereka sebaiknya melakukan penelitian sendiri mengenai sekolah yang ingin dipilih, mengenai biaya hidup, serta lokasi. Penelitian ini harus dilakukan karena bahkan sekolah-sekolah yang berada di negara yang sama akan memiliki biaya keseluruhan yang berbeda. Orang tua dan anak-anaknya perlu membahas semua rincian ini sebelum mengambil keputusan. Anda juga harus mulai menabung paling tidak lima tahun sebelum tanggal pergi.

Tip: Simpan dana khusus untuk pendidikan. Uang yang disimpan harus merupakan uang yang tidak perlu Anda sentuh atau gunakan untuk alasan apapun.

Perhatikan syarat dan ketentuan dengan baik: Rita juga menekankan betapa pentingnya untuk Anda –sebagai orang tua– untuk memperhatikan segala syarat dan ketentuan. Seringkali orang tua melupakan satu atau dua detil yang berakibat sangat buruk terhadap rencana pendidikan anak-anak mereka. Berbicara dari pengalaman, Rita mengatakan bahwa banyak orang tua sering lupa untuk mencairkan deposito ke dalam tabungan, dan misalnya Anda berencana untuk mengirim anak-anak Anda ke Inggris, hal ini dapat menjadi sebuah bencana karena mereka tidak akan menerima apapun yang tidak dalam bentuk uang yang bisa dicairkan. Dia mengatakan bahwa orang tua harus memahami dan membaca syarat dan ketentuan dengan benar karena setiap negara akan memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda.

Mendorong Prestasi Akademik: Selain hal-hal di atas, orang tua juga harus membantu menanamkan --sejak usia muda– nilai-nilai prestasi akademik dalam pikiran anak-anak mereka. Ajarkan betapa pentingnya untuk mereka mendapatkan nilai bagus dan jelaskan dampak positifnya di dalam kehidupan mereka nanti. Dengan mendorong anak Anda untuk menjadi kompetitif secara akademis dengan dirinya sendiri, Anda telah membantu membentuk masa depan yang cerah untuk mereka. Anak-anak Anda bahkan bisa mendapatkan beasiswa dan selain ini dapat membuahkan prestasi dan rasa bangga, ini juga dapat membantu Anda secara finansial.


Sumber : Liveolive
           

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel