125 Senin, 02 September 2013 | 03:04:54

Bagaimana Bila Rumah Jadi Harta Gono-gini?

bagaimana-bila-rumah-jadi-harta-gono-gini

Rumah atau properti, terkadang menjadi sengketa yang diperebutkan setelah pasangan suami-istri bercerai. Bila sertifikat rumah tersebut atas nama si suami, apakah lantas si suami yang berhak memilikinya? Ternyata tidak!

Dalam pembagian harta gono-gini, ada hal-hal prinsip yang harus diketahui. Harta yang diperoleh dalam masa perkawinan merupakan harta gono-gini atau harta bersama suami-istri, kecuali jika ada perjanjian pranikah.  

Jadi, meski sebuah rumah menggunakan nama suami atau istri di sertifikat, namun selama diperoleh semasa menikah, maka rumah tersebut tidak otomatis menjadi milik salah satu pihak.

Untuk menghindari konflik berkepanjangan, ada pula pasangan bercerai yang ingin sertifikat rumah tersebut dibaliknama menjadi milik anak mereka. Sebenarnya hal ini dapat dilakukan, karena anak di bawah umur pun dapat menerima hak untuk balik nama sertifikat.

Akan tetapi, anak di bawah umur  tidak dapat melakukan perbuatan hukum, seperti menandatangani dokumen jual-beli dan sebagainya. Jika perbuatan hukum harus dilakukan, hal tersebut dapat dilakukan oleh walinya.

Perlu diperhatikan, balik nama sertifikat kepada anak tidak dapat dilakukan dengan surat wasiat, selama yang bersangkutan (orang tua) masih hidup. Pengalihan hak kepada anak dapat dilakukan dengan cara hibah.

Sumber : Rumah

 

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel