117 Selasa, 20 Agustus 2013 | 03:59:19

Tips Menekan Biaya Pernikahan

tips-menekan-biaya-pernikahan

Saat anda akan menikah, ada baiknya anda mengkaji ulang pengeluaran dari setiap faktor yang akan ada dalam perkawinan. Tentu setiap orang menginginkan penyelenggaraan hari besar sekali seumur hidup yang tak terlupakan, tapi percuma saja jika anda malah harus berhutang atau kebingungan karena dana yang boros karena pengeluaran tidak terduga dari acara pernikahan.

Berikut ini adalah beberapa faktor atau ‘pos’ yang biasanya menghabiskan dana anda dan bagaimana cara meminimalisasi pengeluaran anda.

  • Tempat resepsi pernikahan. Hal ini termasuk salah satu alasan utama mengapa anda mengeluarkan banyak biaya untuk menikah, terutama jika diselenggrakan di gedung mewah yang membutuhkan biaya mahal. Namun jangan salah, karena terkadang biaya pernikahan di rumah tidak selalu lebih kecil dari biaya pernikahan di rumah. Pernikahan di rumah cenderung dilakukan lebih lama dan mengundang lebih banyak sanak saudara sehingga biaya makan atau pengisi acara bisa lebih besar.
  • Makanan. Selain tempat, makanan juga termasuk pengeluaran paling besar, namun dibutuhkan. Siapa yang tidak malu jika ada tamu undangan di pestanya tidak kebagian makan? Untuk jaga-jaga lebihkan porsi yang disediakan, namun bisa diakali dengan mengurangi jenis makanan yang akan dihidangkan.
  • Dekorasi. Dekorasi sebenarnya merupakan kebutuhan nomor sekian yang bisa diminimalisasi secara signifikan. Penataan simpel terkadang malah menghadirkan suasana yang lebih kalem dan manis bagi pasangan pengantin. Jika tidak ingin repot, ada katering yang juga menyajikan jasa dekorasi sehingga anda sudah tahu berapa dana yang dikeluarkan untuk makan dan dekor, memudahkan anda menghitung pos pengeluaran lainnya.
  • Souvenir dan undangan. Pengeluaran undangan dan souvenir bisa ditekan dengan membatasi jumlah pengunjung yang datang. Sebetulnya, keluarga dan teman dekat sudah cukup untuk menjadikan pernikahan anda sempurna, karena merekalah yang anda kenal baik. Terlalu lama berdiri karena menyalami orang-orang yang tak dikenal juga kurang menyenangkan bukan?
  • Dokumentasi. Saat ini banyak dokumentasi murah berkualitas yang ditawarkan oleh vendor. Mintalah portfolio sebagai bahan referensi memilih, lalu pilih yang paling murah. Atau anda yang punya teman fotografer bisa memanfaatkan jasa mereka untuk menekan pengeluaran lebih rendah.(RDT)


Sumber : Lifestyle 88Db

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel