114 Rabu, 14 Agustus 2013 | 03:41:17

6 Cara Agar Patuh Pada Bujet Bulanan

6-cara-agar-patuh-pada-bujet-bulanan

Membuat bujet bulanan memang mudah, namun yang sulit adalah patuh pada bujet bulanan tersebut. Jika Anda sering merasa pengeluaran lebih besar dari bujet yang sudah ditentukan, coba saja beberapa tips berikut ini.

1. Kenali jumlah pemasukan

Hitung berapa jumlah pemasukan Anda, per minggu, bulan, atau tahun. Hal ini penting terutama bagi Anda yang bekerja lepas dan tidak menerima gaji bulan. Dengan mengenali jumlah pemasukan, maka Anda pun bisa mengetahui berapa banyak yang mampu Anda keluarkan.

2. Simpan bon belanja dan tinjau kembali

Jangan hanya menyimpan bon belanja Anda, tapi cobalah tinjau kembali per minggunya. Hitung pengeluaran per minggu Anda, termasuk uang makan, bensin atau transportasi, biaya telepon, dan lain sebagainya. Dengan meninjau pengeluaran per minggu, Anda pun bisa melihat kebiasaan belanja Anda seperti apa.

3. Rencanakan anggaran makan

Pergi makan di luar atau restoran merupakan salah satu pengeluaran terbesar. Hindari pengeluaran tidak penting dengan merencanakan anggaran makan per minggu dan lebih baik masak sendiri jika Anda sempat. Tidak apa-apa jika Anda sesekali ingin makan di luar, asal masukkan bujet makan di restoran dalam anggaran Anda.

4. Punya dana darurat

Sisihkan uang Anda untuk dana darurat, karena Anda tidak pernah tahu kapan Anda tiba-tiba membutuhkan uang.

5. Hati-hati belanja impulsif

Kadang pengeluaran terbesar seseorang terjadi karena ada godaan belanja yang besar, misalnya penawaran diskon atau belanja dengan hadiah. Tapi hindari kebiasaan belanja impulsif dan sebaiknya pikirkan apakah Anda benar-benar membutuhkan barang itu atau hanya sekadar ingin.

6. Sesekali beri hadiah untuk diri

Cobalah untuk membuat sistem hadiah untuk diri sendiri. Misalnya ketika Anda berhasil menghemat atau patuh pada bujet bulanan, Anda berhak mendapatkan hadiah dengan jumlah yang sudah ditentukan sebelumnya. Tidak apa-apa sesekali memanjakan diri, karena hal itu bisa membuat Anda termotivasi untuk mengatur keuangan.

Anda juga bisa menghadiahi diri dengan menabung sedikit-sedikit untuk biaya hiburan. Biaya ini nantinya bisa Anda gunakan untuk berlibur atau membeli barang yang sudah lama Anda inginkan. (Creditsesame/Savvysugar)

Editor: Andhina Wulandari

Sumber : Kabar24

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel