125 Senin, 12 Agustus 2013 | 03:34:16

Hal Penting Mempersiapkan Dana Pernikahan

hal-penting-mempersiapkan-dana-pernikahan

Pernikahan adalah impian yang harus diwujudkan menjadi kenyataan. Sepasang kekasih yang sudah memadu kasih dalam jangka waktu yang lama pastilah akan sampai pada jenjang ini.

Jika anda datang dari keluarga besar, maka persiapan pernikahan harus dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari pernikahan anda atau jika anda sudah sapakat untuk mempunyai rencana pernikahan dengan pacar anda, itu merupakan hal yang bagus karena anda berdua mempunyai banyak waktu untuk mempersiapkan dananya.

Jika anda dan pasangan sepakat untuk menangggung semua biaya pernikahan tanpa campur tangan keluarga, maka persiapan dana pernikahan menjadi hal yang paling penting.

Seperti kita tahu setiap negera mempunyai kultur yang berbeda dalam mempersiapkan pernikahan masing-masing, jangankan beda negara, beda daerah di Indonesia pun akan berbeda dalam melakukan persiapan pernikahan.

Jika anda memutuskan untuk tidak mempermasalahkan hal tersebut dan memutuskan untuk menaggunga berdua biaya pernikahan anda.

Berikut adalah hal penting yang perlu anda perhatikan agar supaya pernikahan anda berjalan dengan lancar dan sesuai rencana:

Setidaknya harus mempersiapkan dana pernikahan anda dua tahun sebelumnya. Jika anda ingin menikah di tahun 2014 maka dari sekaranglah anda bedua memulainya.

Anda juga harus memperhitungkan laju inflasi di tahun tersebut untuk menghindari kenaikan harga yang terjadi pada tahun tersebut.

Setelah anda mengetahui dengan pasti perkiraan biaya yang akan anda keluarkan untuk menyelenggarakan pesta pernikahan yang mewah, anda bisa melirik berbagai jenis investasi untuk memepersiapkan hal tersebut.

Anda dan pasangan harus memikirkan berapa besaran cicilan atau jumlah uang yang harus anda tabungkan untuk mencukupi dana pernikahan tersebut.

Sebaiknya anda tidak memilih produk investasi dalam bentuk tabungan karena hal tersebut sangatlah riskan dan mudah dalam mengakses untuk mengambilnya. Anda bisa memilih emas ataupun reksadana dalam hal ini.

Anda juga harus memikirkan kehidupan anda paska pernikahan karena itu adalah hal yang paling penting. Maka dari itu anda harus menyisakan saldo anda sebesar setidaknya 4 bulan saldo pengeluaran bulanan rutin anda berdua untuk mencukupi kehidupan paska resepsi pernikahan anda.

Anda harus bijak dalam menata gaya pernikahan anda. Kita tahu bahwa berapapun biaya yang akan kita sediakan itu pasti akan terpakai. Kita wajib mengalokasikannya sebijak mungkin supaya tidak over budget.

Hal yang terakhir yang paling penting adalah persiapan yang matang dan janganlah sekali-kali memikirkan bahwa uang angpau yang akan anda dapatkan akan mencukupi dana pernikahan anda. Jangan terlalu mengharapkannya.

Pernikahan adalah hal yang paling terpenting dalam hidup kita, kita harus berusaha sebaik mungkin untuk mempersiapkan dan menjalaninya.

Jangan sampai pernikahan malah membuat hubunga dengan pasangan anda semakin jauh karena perbedaan pandangan dalam mempersiapkan pernikahan. (nr)

Sumber : Perempuan

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel