203 Kamis, 11 Juli 2013 | 04:35:06

Hati-hati Membeli Rumah, Cek Legalitasnya

hati-hati-membeli-rumah-cek-legalitasnya

Membeli rumah yang akan anda tempati bersama keluarga tidak harus terburu-buru. Karena banyak hal yang harus dipertimbangkan mengingat rumah adalah aset besar yang akan anda miliki sampai tua nanti. Untuk itu anda harus berhati-hati dalam membeli rumah. Berikut adalah hal-hal yang harus anda pertimbangkan dalam membeli rumah:

Legalitas Rumah Yang Akan Anda Beli

Dalam hal membeli rumah, anda tidak boleh ceroboh. Karena saat ini banyak sekali penipuan yang mengatasnamakan perusahan besar untuk bisnis jual beli rumah. Untuk itu jika anda mempunyai rencana untuk membeli rumah, sebaiknya anda berhati-hati. Hal yang paling utama yang harus anda teliti adalah legalitas rumah yang akan anda beli. Jangan sampai legalitas rumah tersebut palsu. Jangan terburu-buru untuk membayar, pastikan dulu legalitas rumah yang akan anda beli.

Berikut ini adalah tips mengecek legalitas rumah yang akan anda beli, agar tidak terjadi penipuan:

  1. Pastikan surat-surat rumah anda sudah terlepas dari induk rumah.
  2. Pastikan ketika anda akan membayar atau menandatangani surat pembayaran, sertifikat rumah atau surat-surat yang lainnya ada, dan memenuhi prosedur yang ada.
  3. Jangan tergiur rumah dengan harga jual rumah murah, tapi developer minta penundaan penerbitan sertifikat apalagi jika belinya cash (tunai)


Jasa Agen
Bagi anda pemula yang ingin membeli rumah, sebaiknya anda mengunjungi agen penjualan rumah. Karena dengan bantuan agen, anda akan terhindar dari penipuan. Biasanya agen menawarkan beberapa macam model rumah yang bisa anda pilih. Dan juga prosedur surat-suratnya pun juga bisa dipertanggungjawabkan.

Luas Rumah
Membeli rumah harus dipertimbangkan luas rumah yang akan anda beli. Jika anda mempunyai keluarga yang banyak, sebaiknya anda membeli rumah dengan luas yang bisa mencukupi keluarga anda. Karena rumah yang kecil dengan penghuni yang banyak, rumah akan merasa sempit. Dan aanda akan merasa sangat tidak nyaman berada di dalam rumah anda sendiri.

Bentuk Rumah
Saat ini banyak sekali model dan bentuk rumah yang ditawarkan oleh agen. Untuk itu anda harus pintar-pintar dalam memilih bentuk rumah yang anda inginkan. Apakah rumah bertingkat, memanjand, atau melebar. Sebaiknya anda diskusikan dengan keluarga anda. Karena dalam memilih bentuk rumah akan mempengaruhi kenyamanan anda di dalam rumah anda sendiri.

Lokasi Rumah
Nah, hal yang satu ini sangatlah penting untuk dipertimbangkan dalam memilih rumah. Yaitu lokasi rumah yang akan anda beli. Bagaimana lokasi rumah tersebut, apakah strategis atau tidak. Biasnya rumah dengan lokasi dekat dengan pasar, sekolah, kantor-kantor pemerintahan, atau pusat keramaian yang banyak sekali diminati oleh sebagian orang. Pikirkan kembali atau diskusikan dengan keluarga anda lokasi rumah atau perumahan yang akan anda beli bersam keluarga besar Anda

Sumber : Blogrumah

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel