314 Jum'at, 19 Juli 2013 | 05:19:54

Trik Mengajukan Keluhan kepada Pengelola Rusunami

trik-mengajukan-keluhan-kepada-pengelola-rusunami

Tinggal di rumah susun sederhana milik (rusunami) pada hakikatnya sama saja dengan tinggal di rumah biasa (landed house), yaitu sama-sama sebagai tempat berlindung sekaligus bernaung. Namun, pada pelaksanaannya, ada beberapa kaidah di rusunami yang tidak ada pada rumah biasa, yaitu komplain terhadap layanan fasilitas dari penghuni kepada pengelola rusunami.

Keluhan mengenai fasilitas umum ataupun fasilitas di unit masing-masing merupakan hal yang lazim diajukan. Dengan tanggapan yang tepat, komplain dari penghuni merupakan masukan yang baik bagi pengelola agar kehidupan di rusunami dapat berjalan secara nyaman. Berikut ini beberapa cara agar komplain penghuni ditindaklanjuti oleh pengelola rusunami:

Jam kerja

Ajukan komplain pada hari dan jam kerja. Pengajuan komplain pada jam kerja membuat komplain dapat segera dilaporkan dan bahkan pengelola dapat segera mengambil keputusan. Mengajukan komplain pada hari libur memang sah-sah saja dilakukan, tetapi pengambilan keputusannya tetap dilakukan pada hari dan jam kerja, kecuali untuk keadaan darurat.

Beragam jalur

Gunakan beragam jalur komplain yang tersedia. Pengelola rusunami lazimnya memiliki beberapa jalur layanan komplain yang disediakan untuk mempermudah penghuni, misalnya komplain melalui telepon. Atau, komplain bisa langsung dilakukan dengan mendatangi layanan pelanggan pengelola.

Dokumentasi

Ketika komplain diajukan secara langsung pada petugas layanan pelanggan, mintalah dokumentasi pelaporan komplain. Dokumentasi ini berguna sebagai pegangan untuk meminta tanggapan atas komplain. Hal-hal yang tercatat dalam dokumentasi, antara lain nama pelapor, petugas yang menerima komplain, tanggal dan jam pelaporan, serta isi dari komplain yang diajukan.

Periode tanggapan

Tanyakan periode maksimal tanggapan atas komplain akan diberikan. Agar komplain yang diajukan memiliki jaminan akan mendapat tanggapan, periode maksimal perlu diketahui. Lazimnya, 2 minggu menjadi periode maksimal pemberian tanggapan akan komplain yang diajukan.


Sumber: Kompas Property

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel