190 Senin, 01 Juli 2013 | 11:25:47

Dua Langkah Sebelum Kredit Rumah

dua-langkah-sebelum-kredit-rumah

Bila Anda ingin memiliki rumah, namun tidak dapat beli rumah secara kontan atau tidak memiliki tanah untuk membangun rumah sendiri maka pilihan yang tepat adalah dengan cara kredit rumah melalui bank terpercaya.

Adapun KPR adalah singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah.

Ada 2 stakeholder berbeda dalam sebuah KPR, yaitu Bank sebagai penyedia KPR dan Developer property penyedia rumah yang akan di KPR kan, meskipun pada dasarnya keduanya selalu bekerja sama tapi perlu diingat keduanya memiliki fungsi dan wewenang tersendiri soal KPR yang tidak dapat dicampuradukkan menjadi satu.

Berikut langkah awal cara beli rumahmelalui KPR, pertama-tama kita harus menentukan rumah yang akan dibeli dengan cara kredit.

Ada dua cara untuk langkah pertamanya adalah langsung datang ke bank dan minta informasi lokasi-lokasi rumah yang tersedia untuk kredit KPR, dan yang kedua Anda dengan mencari sendiri rumah atau perumahan melalui koran lokal yang kira-kira memuat lokasi rumah yang diinginkan, googling di internet, atau survei langsung ke beberapa lokasi atau info dari iklan.

Dalam hal ini sebaiknya cari beberapa alternatif cara beli rumah yang akan diminati yang nanti akan dibandingkan dari sisi harga, keuntungan dan kemudahan proses kredit menggunakan KPR rumah, dll.

Langkah kedua, bila rumah target sudah dipilih oleh kita, tanyakan juga segala hal yang berhubungan dengan rumah tersebut, misal saja Anda memilih perumahan, tanyakan berapa harga rumahnya, berapa uang muka yang harus dibayar, berapa biaya tanda jadinya, apakah rumah sudah dibangun atau baru akan dibangun setelah bayar uang mukanya, dan lihat pula gambar denah dan desainnya, pastikan pula lokasinya dengan benar-benar, cek setiap fasilitas rumah dan perumahannya, apabila rumah baru akan dibangun, maka pastikan pula berapa lama rumah akan dibangun, dan jangan lupa tanyakan juga bagaimana proses kredit KPR rumah nantinya.

 

Sumber : lintas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel