141 Selasa, 09 Juli 2013 | 03:29:04

Pikir Lagi... Inikah Saat yang Tepat Membeli Rumah?

pikir-lagi-inikah-saat-yang-tepat-membeli-rumah

Para ahli, bankir, dan pengembang sepakat bahwa saat ini merupakan waktu yang tepat bagi Anda untuk membeli rumah. Pasalnya, tingkat suku bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pun tergolong cukup rendah sepanjang sejarah.  Mungkin, fakta menunjukkan bahwa memang saat ini adalah waktu paling tepat untuk membeli rumah. Namun, benarkah ini waktu yang juga tepat bagi Anda untuk mewujudkannya?

Untuk membantu pertimbangan Anda, berikut ini beberapa pertimbangan yang diambil dari pemikiran Brendon DeSimone. DeSimone merupakan seorang realtor dan ahli real estat di Amerika Serikat. Simak berikut ini:

Tak bisa spontan
Membeli rumah tidak seperti membeli barang mewah lainnya. Anda tidak bisa membeli secara spontan. Kemungkinan besar, transaksi pembelian rumah merupakan transaksi terbesar yang pernah Anda lakukan dalam hidup. Tidak hanya karena harganya, namun juga karena fungsinya sebagai tempat tinggal dan tempat membuat kenangan bersama keluarga.
Sementara itu, dengan jumlah kebutuhan rumah tinggal yang terus meningkat tanpa didukung pasokan rumah memadai, jumlah pilihan rumah menjadi sangat terbatas. Anda belum tentu menemukan apa yang Anda cari saat ini. Belum tentu rumah-rumah yang tersedia akan cocok dengan selera dan keinginan Anda. Jika ini terjadi, tunggulah dahulu.
Untuk itu, tunggulah sampai Anda menemukan rumah yang Anda yakini akan Anda tinggali selama bertahun-tahun. Kalau bisa, Anda telah yakin akan tinggal dengan kerasan dalam lima tahun ke depan atau lebih. Jika Anda pikir tidak akan mampu mencapai lima tahun, sebaiknya pertimbangkanlah dulu menyewa rumah.

Proses
Membeli rumah adalah sebuah proses. Bisa saja, Anda membeli rumah yang tidak sesuai dengan ekspektasi Anda. Banyak orang membutuhkan waktu sekitar satu tahun hanya untuk memutuskan rumah mana yang akan mereka beli.
Pakailah waktu sebanyak yang Anda perlukan untuk menemukan rumah impian Anda. Ketika dapat, segera buat gerakan. Penawaran rumah tersebut tidak akan menunggu Anda.

Masa depan
Buatlah pilihan yang tidak hanya tepat untuk saat ini, namun juga untuk masa depan. Sebaiknya, jangan jadikan naiknya suku bunga KPR atau naiknya harga rumah sebagai pemicu pembelian rumah. Carilah rumah yang bernilai untuk Anda.

Proaktif
Kunci membeli rumah adalah memilih rumah yang terbaik bagi Anda, ketika waktunya tepat. Pelajari keadaan pasar properti terlebih dahulu, bicarakan dengan agen Anda, serta pikirkan segala sesuatu secara seksama dan tenang. Jadilah orang yang proaktif, bukan reaktif.

 

Sumber: Kompas Property.

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel