25 Rabu, 23 Maret 2016 | 08:53:44

Peresmian Jembatan Pak Kasih di Kalimantan

Peresmian Jembatan Pak Kasih di Kalimantan

     Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara  telah meresmikan jembatan Kapuas Tayan pada hari Selasa 22 Maret 2016. Jembatan ini menghubungi Kalimantan Barat, Tengah, Selatan dan Timur. Menurut Gubernur Kalimantan Barat, rute menuju Brunei, Sabah Serawak (Malaysia), Banjarmasin dan Balikpapan dapat menggunakan jalur ini. Jembatan ini juga menghubungkan poros selatan Trans-Kalimantan yang sebelumnya terputus oleh Sungai Kapuas di Kecamatan Tayan Hilir.
     Jembatan dengan lebar 1,5 meter dan tinggi bebas jembatan sekitar 13 meter ini dinamakan Pak Kasih. Beliau merupakan pahlawan yang berjuang pada masa penjajahan Belanda dan menurut keterangan Pak Cornelis keluarga veteran Pak Kasih masih mendapatkan santunan. Tinggi jembatan dirancang sedemikian rupa sehingga ketika air pasang surut tidak mengganggu lalu lintas. Sungai Kapuas merupakan transportasi penting bagi masyarakat Kalimantan Barat
     Sebelum jembatan ini berdiri, masyarakat setempat harus naik speedboat atau kapal dengan tarif sekitar Rp 150 ribu – 200 Ribu. Jembatan ini gratis dan menguntungkan masyarakat. Jembatan Kapuas Tayan di prediksi dapat bertahan minimal 100 tahun dengan perawatan yang diatur oleh standard yang berlaku. Jembatan ini  termasuk jembatan khusus non-standar. Pembangunan jembatan ini sudah dimulai dari September 2012 dengan panjang keseluruhan mencapai 1650 meter. Jembatan ini mempunyai dua bentang, yaitu 430 meter dan 1220 meter.
     Konstruksi jembatan dikerjakan oleh perusahaan China Road and Bridge Corporation serta PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan menelan biaya Rp 1,028 triliun. Jembatan ini merupakan jembatan paling panjang di Kalimantan dan diharapkan dengan adanya jembatan ini dapat meningkatkan konektivitas serta menghemat waktu dan biaya penyebrangan. Jembatan ini juga diharapkan dapat member manfaat langsung bagi masyarakat, pengusaha, serta industry di sekitarnya.

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita