289 Rabu, 16 Desember 2015 | 11:44:50

Tugas Baru Perumnas Dan Pendapatan Baru Senilai Rp 100 Miliar

Tugas Baru Perumnas Dan Pendapatan Baru Senilai Rp 100 Miliarbisnis news

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 83 tahun 2015 yang merupakan hasil revisi dari Peraturan Pemerintah No 15 Tahun 2014 maka Perum Perumnas dikembalikan lagi pada misi awal yaitu sebagai penyedia bagi perumahan rakyat dan peraturan pemerintah ini dijadikan landasan Perumnas di dalam menjalankan usahanya.

Perumnas disamping dikembalikan ke khittahnya juga mendapatkan  penugasan baru yaitu sebagai pengelola rumah susun (rusun), pengelola bank tanah (landbank), serta sebagai off taker atau penstabil harga rumah.

Pemerintah dalam hal ini sebagai tindak lanjut dari pemberian tugas baru kepada Perumnas telah  menyerahkan sebanyak 12.384 unit rusun di berbagai wilayah untuk dikelola Perumnas.

Himawan Arief Sugoto, Direktur Utama Perumnas mengatakan bahwa dengan mengelola rusun ini otomatis Perumnas akan mempunyai pemasukan baru yaitu berupa pendapatan berulang atau recurring income berkisar Rp100 miliar per tahun.

Pendapatan berulah atau income Recurring Perumnas saat ini  baru mencapai Rp30 miliar per tahun, namun pada tahun 2016 diharapkan akan naik sebesar  Rp60 miliar, hal ini didapatkan dari pengelolaan rusun sebanyak 4.320 unit pada tahap pertama. Pada akhirnya apabila sebanyak 12.384 unit rusun telah mengelola maka pendapatannya bisa mencapai hingga Rp100 miliar.

Sementara untuk penyerahan semua unit rusun akan dilakukan kedalam tiga tahap. Tahap pertama akan dibangun sebanyak 4.320 unit rusun. Sedangkan untuk tahap berikutnya masih menunggu penyelesaian rusun yang sedang taraf renovasi juga ditambah dengan kelengkapan prasarana, sarana, dan utilitas (PSU).  Untuk tahap ketiga atau terakhir adalah beberapa rusun yang saat ini masih dalam proses pembangunan.

Menurutnya, semua  proses ini diharapkan dapat rampung dalam kurun waktu tiga tahun. Saat ini pihaknya juga sedang berencana untuk membangun sebanyak 25 ribu unit rumah tapak dan rusun yang akan diperuntukkan bagi masyarakat kelas bawah. Hal ini adalah merupakan bagian dari tugas baru Perumnas  untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yakni dalam pemenuhan tempat tinggal atau hunian yang layak untuk ditempati.

Sumber: housingestate

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita