290 Kamis, 05 November 2015 | 13:23:15

Pemerintah Bangun 12 Rusun Terpadu Di Atas Pasar

Pemerintah Bangun 12 Rusun Terpadu Di Atas Pasarberitajakarta

Tahun 2016 Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan membangun 12 rumah susun (rusun) terpadu di atas pasar.  Pembangunan ini adalah untuk memenuhi kebutuhan rumah dan merevitalisasi kawasan kumuh di ibu kota Jakarta.

Dua diantara 12 rusun pembangunannya akan dikerjakan oleh pemerintah pusat dalam hal ini adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera).

10 rusun akan dibangun DKI sebab yang dua telah diminta oleh pemerintah pusat untuk merevitalisasi Pasar Rumput dan Pasa Minggu. Sedangkan rusun yang akan dibangun oleh pemerintah DKI lokasinya tepat berada di Pasar Grogol, Pasar Blok G Tanah Abang, Pasar Serdang, dan lokasi lainnya.

Pembangunan rusun di pasar adalah suatu terobosan di tengah terbatasnya lahan di ibu kota Jakarta.  Basuki mengatakan 3 – 4 lantai di bawah akan dimanfaatkan untuk pasar sedangkan di atasnya akan dijadikan lantai hunian. Konsep seperti ini diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi pedagang di pasar sebab tersedia pembeli potensial.

Rusun  ini diharapkan dapat menampung warga yang tinggal di kawasan kumuh juga di area yang bukan peruntukannya. Gubernur berjanji akan melengkapi rusun pasar dengan menyediakan berbagai  fasilitas seperti fasilitas kesehatan, pendidikan, dan taman.

Untuk konsepnya sendiri akan dibuat menjadi pasar rakyat yang dilengkapi dengan fasilitas park and ride. Bagi warga yang membawa kendaraan dapat memarkirkan kendaraannya di tempat yang telah disediakan sebelum melanjutkan perjalanan dengan transportasi umum, seperti Transjakarta, kereta, ataupun akomodasi transportasi lainnya.

Lutfi Rachman, Direktur Utama PD Pasar Jaya, mengatakan, terdapat tiga konsep pasar yang akan dikembangkan, yakni pasar tradisional, pasar rakyat, dan pasar terpadu.

Mengenai konsep pasar yang akan dibangun rusun dalam hal ini desainnya akan menyesuaikan dengan situasi di lapangan. Pasar rakyat akan dibangun di tengah lingkungan padat penduduk, sedangkan untuk pasar tradisional atau pasar modern sebisa mungkin untuk menggali dan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Tidak lama lagi rusun yang akan dibangun di wilayah Pasar Bendungan Hilir, Pasar Jembatan Merah, dan Pasar Blok A Fatmawati. Pemerintah provinsi DKI Jakarta pada akhirnya akan memberikan dana penyertaan modal pemerintah (PMP) dimana dana tersebut akan digunakan untuk membangun sekaligus merevitalisasi pasar tradisional. Rencananya Pemprov DKI Jakarta akan membangun 12 Rusun di Atas Pasar pada tahun 2016 mendatang.

Sumber: housingestate

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita