382 Rabu, 16 September 2015 | 12:59:29

Pembebasan PPN 10 % Untuk Rusunami & Rumah Tapak

Pembebasan PPN 10 % Untuk Rusunami & Rumah Tapakfrontroll

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memberikan pembebasan atas Pajak Pertambahan Nilai (PPN) menjadi 10 persen dari harga rumah. Syarif Burhanudin, Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (MenPU-Pera) mengatakan, pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) bukan hanya akan diberlakukan bagi landed house tetapi juga terhadap rusun, dengan mekanisme pembagian sebesar 10 persen rusunami dan 10 persennya lagi  yang akan diberlakukan untuk rumah tapak.

Rencana pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10 % ini telah disetujui dari Presiden Jokowi dan rencana pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10 % ini  menjadi salah satu kebijakan yang tercantum di dalam paket kebijakan ekonomi pemerintahan Jokowi pada tahap pertama yang telah dikeluarkan, demikian yang disampaikan Syarif di Kemenpu-Pera, Jakarta, Selasa (15/9/2015).

Menurut Syarif, sejauh ini mengenai pembebasan PPN baru akan diberikan kepada para pemilik rusunami yang membeli rusunami dengan harga berkisar Rp 8 juta sampai Rp10 juta per meternya. Pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) baru dapat diberikan kepada para pemilik rumah tapak dengan harga beli berkisar seharga Rp110 juta. Harga rumah tapak untuk daerah Kalimantan adalah berkisar seharga Rp121 juta sedangkan harga rumah tapak di daerah Papua kisaran harganya adalah sebesar  Rp174 juta.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, menanggapi hal tersebut dan beliau mengakui bahwa  pihaknya akan kembali menggelar pertemuan serta pembicaraan lebih lanjut mengenai pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10 % dengan para pengembang. Pertemuan yang akan digelar ini adalah bertujuan untuk mendiskusikan rencana pembebasan Pajak Pertambahan Nilai  tersebut. Basuki juga mengharapkan bahwa setelah di adakan pertemuan ini dapat segera dilakukan Focus Group Discution (FDG) dengan para pengembang.

Sumber : Okezone


 

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita