399 Kamis, 10 September 2015 | 11:39:19

Rumah Rp 1 M Gratis PBB

Rumah Rp 1 M Gratis PBBpelitaonline

Gubernur DKI Jakarta akan memberikan kebijakan bagi warga jakarta yang tinggal di Rumah Susun (Rusun) dan bagi warga yang memiliki rumah seharga dibawah Rp 1 miliar. Kebijakan tersebut adalah berupa menggratiskan biaya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Yustinus Prastowo, pengamat perpajakan menilai, apabila kebijakan ini dapat terealisasi, maka Pemda DKI harus bisa memperkuat sistem administrasi data tersebut. Hal ini sangat dikuatirkan sebab jika Pajak Bumi dan Bangunan benar-benar dihapus maka ditakutkan akan terjadi penyelewengan oleh ok-num yang tidak bertanggungjawab.

Penyelewangan yang dikuatirkan tersebut adalah wajib pajak yang memiliki kepemilikan rumah lebih dari satu khususnya untuk wajib pajak yang rumahnya senilai di atas Rp1 miliar, Pemda bisa menindaklanjuti hal ini untuk segera diproses, karena itu diperlukan administrasi yang bagus agar mempermudah dalam pengecekan.

Administrasi yang bagus sangat penting sebab dengan rapinya administrasi maka tidak dapat disalahgunakan oleh wajib pajak untuk dimanfaatkan atas kebijakan yang akan dibuat yakni pembebasan PBB.

Yustinus juga menekankan apabila nanti kebijakan mengenai penghapusan pajak rumah dibawah Rp1 miliar terealisasi maka Pemda DKI harus dan wajib memperhatikan wajib pajak yang memiliki rumah diatas Rp1 miliar.

Yustinus mengatakan jika penerimaan pajak rumah di DKI untuk setiap tahunnya mencapai sekitar Rp250 miliar maka dengan kebijakan tersebut pemerintah harus bisa mencari opsi sebagai pengganti,agar penerimaan pajak ini bisa terus optimal.

Gubernur Basuki Tjahaj Purnama (Ahok) sebelumnya telah mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggratiskan biaya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dengan catatan tagihannya di bawah Rp1 miliar. Jadi dalam hal ini kebijakan yang dilakukan agar Pemprov DKI dapat memberi keadi-lan untuk seluruh warga yang kehidupannya tergolong dalam ekonomi kelas menengah ke bawah.

Pajak Bumi dan Bangunan telah disiapkan hanya tinggal pergub. Dalam hal ini pemerintah benar-benar ingin membantu masyarakat yang memiliki ekonomi rendah dan pemerintah juga harus bisa bersikap adil. Karena itulah sudah menjadi tugas pemerintah untuk mengadministrasi keadilan sosial, dengan kata lain  siapa pun orang yang tinggal di rusun atau rumahnya berharga Rp1 miliar ke bawah tidak perlu untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan.

Sumber: Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita