302 Rabu, 08 Juli 2015 | 10:44:41

Jakarta Akan Punya Lokasi Pertanian di Kawasan KBT

Jakarta Akan Punya Lokasi Pertanian di Kawasan KBTNews

Pertanian umumnya terdapat pada kawasan pedesaan. Karna sangat memungkinkan dari sisi lahan yang pastinya banyak tersedia. Walau begitu tidak menutup kemungkinan di kota metropolitan seperti Jakarta menjadi ladang pengembangan pertanian.

Dengan tujuan memanfaatkan lahan di sepanjang aliran Kanal Banjir Timur (KBT), pemerintah kota (Pemkot) Jakarta Timur akan menjadikan area KBT menjadi kawasan pertanian didalam perkotaan. Tujuan lainnya adalah agar masyarakat perkotaan dapat memanfaatkan hasil pertanian berupa hasil ekonominya, walau di area perkotaan.

Jika hal tersebut terealisasi kelak para anak-anak yang lahir dan tumbuh di Jakarta dapat merasakan suasana pertanian, dan juga dapat langsung membudidayakan hasil panen di Jakarta. Intinya mereka dapat praktek langsung, karna selama ini anak-anak di Jakarta hanya dapat melihat dari buku ataupun internet.

Menurut Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana, masyarakat di sekitar Cipinang Muara hingga Duren Sawit yang merupakan kawasan KBT akan disosialisasikan mengenai pertanian ini. “Kita akan manfaatkan pelampang basah di sepanjang aliran KBT ini untuk dijadikan kawasan petanian. Ada dua jenis yang bisa ditanam dengan masa panen tiga bulan dan enam bulan,” ujarnya kepada media di kantornya, Selasa (7/7).

Nantinya akan dibagi per kelompok dengan anggota lima orang untuk menggarap pertanian di sepanjang KBT. Total kegiatan ini bisa melibatkan 200-an warga di sepanjang aliran KBT yang perekonomiannya bisa ditingkatkan melalui kegiatan ini. Yang ditanam mulai dari apotik hidup seperti jahe, kencur, lengkuas, dan sebagainya maupun dari jenis sayur-sayuran.

Bambang juga menyebut Sudin Kelautan, Perikanan, dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Timur sudah menyatakan kesiapannya untuk menyediakan bibit-bibit tanaman unggul yang akan dibagikan secara gratis kepada kelompok tani penggarap pertanian ini.

“Nantinya setiap kelompok juga akan mendapatkan bantuan sebesar Rp20 juta dengan sistem debet rekening sehingga pengawasan dananya lebih mudah diawasi. Semua rencana ini juga direspon positif oleh Pak Gubernur dan minta untuk segera dilaksanakan,” tandasnya.

 

Sumber : Houstingestate

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita