458 Senin, 22 Juni 2015 | 12:14:54

Ketahui Lebih Jelas Program Sejuta Rumah di sejutarumah.id

Ketahui Lebih Jelas Program Sejuta Rumah di sejutarumah.idEkonomi

Telah terdapat situs online khusus yang diluncurkan pemerintah untuk menggambarkan perkembangan program sejuta rumah. Kini baik itu pemerintah, masyarakat, pengembang, dan lapisan lainnya dapat memantau proses sejuta rumah.

Website tersebut adalah sejutarumah.id, situs ini dibawah Direktorat Jenderal Penyedia Perumahan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Pada beranda situs ini terdapat penjelasan betapa pentingnya masalah perumahan yang telah menjadi kebutuhan pokok sejak 1970-an.

Pada situs ini tidak hanya berisi tentang ulasan program sejuta rumah saja, namun juga berisi rencana alokasi pembangunan pada setiap daerah dan lengkap dengan nama pengembangnya.

Alokasi pembangunan tersebar di 186 lokasi di seluruh indonesia. Dari berbagai pengembang atau developer hunian, antara lain Perumnas, PT PP Properti, dan banyak pengembang lokal lainnya.

Penjabaran secara lengkap mengenai program sejuta rumah pada bagan “sekilas”. Terdapat 19 slide yang menjelaskan mengenai program sejuta rumah secara terperinci, dari regulasi, kondisi perumahan, target terbangun, konsep, sasaran, rencana, pembiayaan, pelaksanaan pencanangan, kriteria penerima bantuan rumah susun sewa, hingga peran pemerintah provinsi dan kabupaten.

dicanangkannya program Kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR-FLPP) dengan uang muka satu persen, suku bunga pinjaman 5 persen dan jangka waktu pinjaman 20 tahun.

Selain itu, Kementerian Dalam Negeri juga segera merevisi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 32 tentang Pedoman Pemberian Izin Mendirikan Bangunan agar Pemerintah Daerah dapat memberikan keringanan dan kemudahan dalam penerbitan IMB.

Bantuan uang muka sebesar Rp 4 juta per unit rumah pembahasan akhir dengan Kemenkeu untuk prosedur pencairan. Ada pun untuk persyaratan KPR-FLPP, sesuai dengan Permenpupera Nomor 20/PRT/M2014, sasarannya adalah MBR dengan penghasilan maksimal Rp 4 juta per bulan untuk rumah tapak.

KPR-FLPP juga diperuntukkan bagi MBR yang tidak memiliki rumah, belum pernah menerima subsidi pemerintah untuk pemilikan rumah, dan memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi atau surat pernyataan penghasilan.

Harga jual KPR-FLPP berkisar Rp 113 juta-Rp 185 juta untuk rumah tapak, dan Rp 6,9 juta per meter persegi-Rp 15,7 juta per meter persegi untuk rumah susun.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita