344 Senin, 15 Juni 2015 | 10:41:33

Pemkot Bekasi Akan Robohkan 320 Bangunan Liar di Tanah Negara

Pemkot Bekasi Akan Robohkan 320 Bangunan Liar di Tanah NegaraBekasi Go Id

Pemerintah selalu berupaya agar sarana dan prasarana milik negara tidak disalahgunakan pemanfaatannya oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.

Untuk hal tersebut, pemerintah pun terus mengadakan menertiban dari semua aspek, dan hal-hal yang terdapat kemungkinan untuk disalahgunakan, termasuk lahan milik negara.

Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Tata Kota Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, ikut andil dalam menertiban penyalahgunaan lahan milik negara. Akan diadakan operasi pembongkaran atas 320 unit bangunan yang berdiri tanpa izin yang menempati lahan milik negara.

Target operasi pembongkaran akan direalisasikan pada bulan Juni 2015. Seperti yang disampaikan oleh Nurdin Manurung, selaku Kepala Bidang Pengendalian dan Pengawasan Bangunan Dinas Tata Kota Pemerintah Kota Bekasi. “Akan diagendakan pembongkaran terhadap bangunan liar, dan kami mengupayakan hal tersebut akan berjalan pada bulan Juni tahun ini,” kata Nurdin saat ditemui di Bekasi, hari Jum’at 13 Juni 2015.

Bangunan liar itu kini telah banyak diberbagai lahan resmi milik pemerintah di kawasan Bekasi , kata Nurdin. Salah satunya terdapat di Kelurahan Bekasijaya serta Kelurahan Kayuringi.

“Bangunan liar tersebut ada yang berupa hunian rumah tinggal, tempat hiburan, tempat usaha, hingga ada pula pos tempat organisasi masyarakat,” penjelasan Nurdin.

Sebelum diadakan rencana pembongkaran, Pemerintah Kota Bekasi pun telah berupaya memperingati para pendiri atau penetap bangunan liar tersebut melalui surat peringatan sebanyak tiga kali, dengan tujuan agar mereka segera mengkosongkan dan meninggalkan bangunan tersebut, namun hingga waktu yang telah ditentukan, para penghuni bangunan liar tersebut belum saja meninggalkan lokasi.

Karena terguran tersebut tidak mendapat respon, maka Pemkot Bekasi pun tak tinggal diam. Bangunan Liar yang ada di Kelurahan Pejuang tepatnya di Perumahan Harapan Indah, Medan Satria Kota Bekasi telah dilakukan pembongkaran pada pekan ini.

Hal ini harus segera dilaksanakan, guna mewujudkan ketertiban di setiap daerah, pembongkaran ini juga berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat.

“Satpol PP dan Kepolisian yang melakukan eksekusi di lapangan saat pembongkaran bangunan liar,” perjelas Nurdin.

Semoga dengan adanya penertiban bangunan liar maka tidak ada lagi pertambahan bangunan yang tidak memiliki izin yang sah, dan lahan-lahan milik pemerintah tersebut pun akan menjadi maksimal dalam penggunaannya.

 

Sumber : Tribun News

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita