1670 Rabu, 03 Juni 2015 | 10:25:45

Berkat Tol Cikapali, Waktu Tempuh Bandung-Cirebon Hanya 2 Jam

Berkat Tol Cikapali, Waktu Tempuh Bandung-Cirebon Hanya 2 JamSkyCraperticity

Tol Cikampek – Palimanan sengaja dirancang memang dalam jangak waktu yang singkat, sejak pertengahan tahun 2014 telah berlangsung pengerjaan proyek pembangunannya, dan dijanjikan akan terselesaikan sebelum Idul Fitri 1436 atau sekitar bulan Juni 2015.

Tol Cikampek – Palimanan (Cikapali) atau lumrahnya Tol Cikopo – Palimanan ini adalah pembangunan tol yang pernah diawasi langsung pengerjaannya oleh Presiden Joko Widodo. Beberapa waktu silam tepatnya tanggal 26 Desember 2015. Pak Prediden serta rombongan melihat langsung dan menelusuri sekitar 10 kilometer jalan tol yang masih dalam pengerjaan itu, Pak Presiden sangat meneliti perkembangan pembangunan tol tersebut.

Beliau ingin memastikan janji kontraktor yang mentarget proyek tol tersebut akan rampung sebelum Idul Fitri atau sekitar bulan Juni 2015 dapat terselesaikan dengan baik melalui blusukannya.

Kini target itupun terselesaikan dengan baik, bahkan sebelum memasuki bulan Ramadhan Tol Cikapali siap diberlakukan uji coba. Tepatnya pada hari senin 01 Juni 2015 di Cirebon, Deddy Mizwar, aktor selaku Wakil Gubernur Jawa Barat melakukan uji coba kelayakan Tol Cikampek – Palimanan.

Wakil Gubernur Jabar tersebut menyampaikan dengan adanya Tol Cikapali ini maka jarak tempuh Bandung hingga Cirebon pastinya dapat lebih cepat dibanding melalui jalur Pantura.

Benar saja atas pernyataannya, setelah melakukan uji coba tol tersebut, Deddy menyampaikan bahwa waktu yang dihabiskan dari Bandung ke Cirebon melalui Tol Cikapali hanya 2 jam sedang sebelumnya dapat mencapai sekitar 4 jam untuk menempuh jarak yang berkisar 164 kilometer tersebut.

“Saat saya melalui jalan Tol Cikapali menuju ke Cirebon, untuk sekalian melakukan uji coba. Awal keberangkatan dari Bandung, ternyata saya hanya menempuh waktu 2 jam unruk sampai di Cirebon,” kata Wagub Jabar saat ditemui di Cirebon Senin 1 Mei 2015 siang.

Menurutnya jika jarak Cirebon ke Bandung saja bisa ditempuh dalam waktu 2 jam, maka jarak dari Cirebok menuju Cikampek mungkin hanya memerlukan waktu 1 jam, yang sebelumnya mencapai waktu 3 jam.

Sepak terjang Tol Cikapali dapat memotong beberapa jalur hingga mengurangi jarak tempuh. Tol ini disiapkan guna mengantisipasi kelonjakan pengguna jalan saat arus dan balik mudik mendatang.

Deddy menambahkan tol ini akan rampung pengerjaannya sebelum ramdhan, dan kini bisa dibilang telah sukses lebih dari 90 persennya.

Semoga saja pengharapan pemerintah untuk mempermudah saat arus lebaran nanti berjalan dengan lancar berkat terselesaikannya Tol Cikapali ini.

 


Sumber : TribunNews

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita