201 Selasa, 07 April 2015 | 09:42:49

Keringanan PBB Bisa Di Raih Warga Menteng

Keringanan PBB Bisa Di Raih Warga Mentengtempo

Kebijakan pemerintah mengenai keringanan pajak yakni dalam bentuk reformulasi terhadap Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) akan diperuntukkan untuk masyarakat yang kurang mampu. Keringan atas Pajak Bumi dan Bangunan ini rencananya akan diberlakukan pada tahun 2016 mendatang.

Ferry Mursyidan Baldan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN,  mengatakan bahwa reformulasi Pajak Bumi dan Bangunan ke depannya akan diberlakukan pada subjek pajak dan bukan pada objek pajak. Maksud dari penjelasannya itu ialah bahwa diperlukan berbagai pertimbangan atas kemampuan ataupun kesanggupan bagi subjek pajak untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yakni akan diberlakukan penghapusan atau keringanan.

Menurut Ferry, kedepannya yang akan dikenakan Pajak Bumi dan Bangunan bukan terletak pada tanahnya akan tetapi lebih kepada orang yang menempati lokasi tersebut.

Ferry juga memberikan sedikit gambaran mengenai penetapan Pajak Bumi dan Bangunan bagi masyarakat yang tinggal dikawasan Menteng, Jakarta Pusat akan dikenakan Pajak Bumi dan Bangunan namun bukan karena letak tanahnya melainkan orangnya yang menempati lokasi tersebut. Dengan demikian orang yang menempati lokasi tersebut tidak merasa terusir sebab boleh jadi orang tersebut menempati lahan tersebut karena sebuah warisan ataupun lainnya yang menjadi subjek pajak, ungkapnya.

Ada beberapa subjek pajak yang masuk dalam kategori mendapatkan keringanan ataupun penghapusan pajak menurut Ferry, antara lain adalah para pekerja yang bekerja di sektor informal, para pensiunan PLRI, TNI, Veteran, masyarakat yang berpenghasilan MBR dan memiliki KKS atau masyarakat yang menenpati hunian karena untuk kepentingan sosial seperti panti jompo dan panti asuhan.
Semua yang masuk dalam kategori tersebut akan di data kembali  dan di koordinasikan oleh Kementrian Sosial dan Departemen Sosial, demikian Ferry menutup pembicaraan.

Sumber: Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita