498 Senin, 09 Maret 2015 | 14:41:08

Peresmian Pembangunan Bendungan di Aceh Utara

Peresmian Pembangunan Bendungan di Aceh Utara

Pada hari ini (9/3/2015) orang nomor satu di Indonesia, Bapak Joko Widodo melakukan peresmian pembangunan bendungan Keureuto di Aceh Utara dengan meletakan batu pertama disana.

Peresmian tersebut dilakukan karena acara tersebut merupakan bagian dari kunjungan kerja Jokowi selama dua hari di Aceh. Adapun orang yang mendampingi Presiden RI tersebut adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( Basuki Hadimuljono), Menteri BUMN (Rini M Soemarno), Muljadi selaku Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementrian PUPR.

Tujuan dari pembangunan bendungan ini adalah untuk penampungan khusus banjir sebesar 30,50 meter kubik. Harapan besarnya bendungan ini dapat mereduksi debit air banjir hingga 50 tahun periode tahun berulang.

Selain itu, bendungan ini juga berfungsi sebagai penyediaan air irigasi seluas 9.420 hektar, air baku dengan kapasitas 500 liter per detik, Pembangkit Listrik Tenaga Air dengan kapasitas 6,34 megawatt.

Manfaat lainnya dalam pembangunan ini adalah akan meningkatnya perekonomian di Kabupaten Aceh dan Bener Meriah.

Lokasi Bendungan Keureuto dan bangunan fasilitasnya terletak di Desa Blang Pante, Kecamatan Paya Bakong. Rencana selanjutnya genangan terletak di Desa Blang Pante, Kecamatan Paya Bakong, Desa Plu Pakam dan Desa Makarti, Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara.

Pembangunan bendungan ini akan rampung pada tahun 2019, biaya yang harus dikeluarkan untuk pembangunan kurang lebih sebesar Rp 1,7 triliun.

Semoga pembangunan ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan target rampungnya yaitu pada tahun 2019 mendatang dan semoga fungsi dari bendungan ini dapat semaksimal yang direncanakan pada saat pembangunan.

Masyarakat Aceh Utara akan sangat menantikan rampungnya pembangunan ini, mengingat pentingnya bendungan tersebut disana. Semoga pemerintah dapat bekerja sama dengan baik dalam mengelola pembangunan ini dan tidak ada yang memanfaatkan situasi dan kondisi dalam pembangunan tersebut.

Kerjasama yang baik dan adanya pengawasan yang ketat dari pemerintah akan membantu kelancaran dalam proses pembangunan bendungan tersebut. kita akan tunggu kabar selanjutnya tentang pembangunan ini.

 

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita