178 Jum'at, 20 Februari 2015 | 11:55:28

6 Kelurahan di Sekitar Sungai Bengawan Solo Terendam

6 Kelurahan di Sekitar Sungai Bengawan Solo Terendamnasionalnews

Bengawan Solo adalah merupakan sungai terpanjang yang berada di Pulau Jawa, Indonesia yang memiliki dua hulu sungai yaitu dari daerah Pegunungan Kidul, Wonogiri dan Ponorogo, kemudian bermuara ke daerah Gresik. "Bengawan" dalam bahasa Jawa artinya  "sungai yang besar".

Sungai Bengawan Solo ini dikagumi hampir di seluruh masyarakat dunia , seperti negara  Jepang yang terinspirasi dari lagu keroncong karangan Gesang yang berjudul ,  Bengawan Solo.

Kota Solo ini selain terkenal dengan Bengawan Solo, kota ini selalu juga selalu dikenang karena  tempat ini pernah menjadi tempat utama kecelakaan pesawat Garuda Indonesia Penerbangan 421.

Pada hari Kamis 19 Februari 2015 hingga malam tadi hujan deras terus mengguyur kota Solo ini. Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) hujan yang hampir seharian itu mengakibatkan ketinggian air di Pos Pengawasan Jurug naik terus dengan begitu maka pos ini mencapai status Siaga III.

Air sungai Bengawan Solo mulai meluap sekitar pukul 01.00 WIB dan hampir 6 kelurahan yang berada di sekitar sungai Bengawan Solo terendam dan terpaksa warga harus mengungsi.

6 kelurahan yang terendam banjir tersebut menurut Gatot Sutanto, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo adalah Kelurahan Sangkrah, Joyontakan, Kedunglumbu, Gandekan, Semanggi, dan Pucangsawit.

Namun data yang di dapat dari hasil perhitungan cepat pada dini hari tadi tercatat hampir 743 KK yang mengungsi akibat huniannya terendam akan tetapi mengenai jumlah jiwa yang ada belum dapat di ketahui.

Luapan air sungai Bengawan Solo hingga pagi ini belum juga surut dan masih menggenangi perumahan warga di sekitar sungai Bengawan Solo.

Menurut Gatot, genangan air tertinggi mencapai 1 meter dan terjadi di Kampung Sewu Rt 02 RW 02.

Sumber: liputan6

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita