208 Selasa, 28 Oktober 2014 | 17:49:04

Bina Marga Memberikan Usulan Mengenai Pembebasan Lahan Tol

Bina Marga Memberikan Usulan Mengenai Pembebasan Lahan Toldoyan jalan

Djoko Murjanto yang merupakan Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, mengutarakan pihaknya tengah mencari solusi penyelesaian jalan tol yang terhambat oleh penyediaan lahan.

Hal itu, dikarenakan pembangunan jalur bebas hambatan akan segera mengalami perubahan dengan landasan peraturan yang baru, tepatnya yaitu pada tanggal 31 Desember 2014.

Dengan begitu, jalan tol yang lahannya belum juga selesai dibebaskan, dengan terpaksa harus mengulangi kembali prosesnya dari awal. Djoko mengatakan, untuk itu pihaknya akan mencari cara yang dapat mmeberikan keuntungan bagi pemerintah dan juga Badan Usaha Jalan tol (BUJT)

“Kami memiliki beberapa saran dan nanti akan kami sampaikan kepada Bapak Menteri, supaya dapat diterapkan,” ucapnya. Djoko juga menjelaskan, salah satu saran yang akan disampaikan, diantaranya yaitu dengan cara menghentikan terlebih dahulu kepemilikan BUJT kepada konsesi sebuah jalur tol.

Menurut Djoko, penghentian tersebut dilakukan untuk sementara dan pemerintah akan konsentrasi dalam melakukan pembebasan lahan. Dengan sistem seperti ini, BUJT tidak mengkhawatirkan pemerintah dalam pembebasan tanah.

Ia berpendapat, kelak BUJT baru akan diminta masuk kembali saat pembebasan lahan telah rampung, atau telah tiba di poin yang disepakati,  

Dengan demikian BUJT yang baru juga dapat segera mengajukan dukungan anggaran kepada pihak bank. “Kan, mereka juga mustahil dapat financial close, apabila tidak ada lahan yang tersedia,” ujarnya.

Sumber : Viva News

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita