430 Rabu, 22 Oktober 2014 | 16:30:48

Ini Kota yang paling macet se-Indonesia, bukan Jakarta Loh.

Ini Kota yang paling macet se-Indonesia, bukan Jakarta Loh.ilustrasi kemacetan

Kementrian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan beberapa Kota termacet di Indonesia. Berdasarkan data Kemnhub, ada tiga kota yang memiliki tingkat macet paling tinggi. Kemenhub menyebutkan peringkat pertama adalah Bogor dengan Level VCR 0,86, diikuti dengan DKI Jakarta dengan level VCR 0,85 dan Bandung dengan level VCR 0,85.

Dilanjutkan Surabaya dengan VCR 0,83, Depok dengan VCR 0,83, Kota Bekasi 0,83, Kota Tangerang dengan VCR 0,82, Medan dengan VCR 0,76, Makassar VCR 0,73 dan kesepuluh dalah Semarang dengan VCR 0,72.

Kepala Litbang dan Pengembangan Kemenhub Elly Adriani Sinaga menerangkan jika tingkat Volume Capacity Ratio (VCR) adalah tingkat perbandingan antara volume kendaraan dengan kapasitas jalan. Contohnya jika level VCR 0,7 artinya ada 7 kendaraan untuk 10 kapasitas jalan.

Menurut Elly, masalah ketersediaan jalan dan volume kendaraan di kota tersebut sebaiknya diselesaikan. Elly memberikan saran juga untuk mengurangi kemacetan dengan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi serta mendorong pemakaian transportasi umum.

Pertanyakan Metoda
Dengan publikasinya kota Bogor sebagai kota termacet di Indonesia, Walikota Bima Arya mengomentarinya. Bima mempertanyakan dalam metodologi dari penilaian yang disampaikan oleh Kemenhub tersebut. Menurutnya faktor luas wilayah, banyak kendaraan dan jaringan jalan atar kota mempengaruhi dari kemacetan tersebut.

Menurutnya bila membandingkan Bogor dengan Bandung tidak sesuai, apalagi dari Jakarta, Jaringan jalan di Bogor pun kurang daripada di Bandung. Beban akibat beredarnya jumlah kendaraan bisa kurang, setara atau lebih besar daripada Bandung.

Walaupun begitu, Bima menjelaskan prioritas Kota Bogor dua tahun kedepan adalah memperbaiki sistem transportasi, membuat jaringan jalan dan menata PKL dan parkiran yang menyebabkan kemacetan.

Sumber : liputan6, beritasatu

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita