68 Selasa, 07 Oktober 2014 | 16:34:52

Pembebasan Lahan Waduk Logung Selesai di 2014

Pembebasan Lahan Waduk Logung Selesai di 2014Merdeka

Bupati Kudus, Musthofa mengatakan pemerintah daerah kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menargetkan untuk pembebasan lahan bagi pembangunan Waduk Logung akan rampung di tahun 2014 ini.  

“Terlebih lagi, Pemerintah provinsi Jateng dan Pemerintah Pusat telah berjanji akan membantu pembangunan waduk tersebut,” katanya, Senin (6/10).

Musthofa mengakui, ada beberapa warga pemilik lahan yang meminta ganti tanah di wilayah lainnya dibandingkan dengan ganti uang. Rencananya pada tahun 2014 ada 49 pemilik lahan yang akan dibebaskan dan mendapatkan penggantian, lanjutnya.

Namun, terdapat beberapa warga yang meminta ganti berupa tanah. “Pemerintah Kabupaten Kudus tetap berusaha memberikan ganti untung berupa uang tunai,” ucpanya.

Apabila akhir tahun ini belum juga rampung, pemkab terpaksa menggunakan jalur konsinyasi, artinya adalah uang ganti untung akan dititipkan kepada PengadilanNegeri Kabupaten Kudus.

Salah satu syarat untuk menempuh cara konsinyasi, yaitu pembebasan lahan untuk pembangunan waduk harus mencapai 75 persen.

Planing pembangunan Waduk Logung di Kudus dijalankan sejak tahun 1970-an untuk mengurangi efek banjir di beberapa wilayah di Kabupaten Kudus dan untuk keperluan sumber air bersih serta untuk pengaitan lahan pertanian.

Sementara itu, Didiek Tri Prasetyo, selaku pelaksana tugas Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kudus mengatakan, luas lahan  yang diperlukan untuk membangun waduk adalah seluas 196 hektare yang terpencar di Desa Tanjungrejo, kecamatan Jekulo dan Desa Kandangmas di kecamatan Dawe, serta tanah milik Perum Perhutani.

Didik mengatakan, jumlah keseluruhan lahan puya warga yang dibebaskan mencapai 602 bidang dengan luas keseluruhan 931.403 meterpersegi.

Rincian dari tanah yang dibebaskan tersebut adalah, di Desa Kandangmas tercatat dengan luas 638.066 meter persegi atau sekitar 415 bidang, di Desa Tanjung Rejo dibebaskan 187 bidang atau seluas 293.337 meter persegi.

Sumber : semarang solopos

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita