134 Senin, 06 Oktober 2014 | 16:52:16

Bank Dunia Meramal Ekonomi Negara Maju Akan Pulih di 2015

Bank Dunia Meramal Ekonomi Negara Maju Akan Pulih di 2015pymnts

Bank Dunia meramalkan pertumbuhan ekonomi di negara-negara berkembang kawasan Asia Timur dan Pasifik akan melambat di tahun ini. Akan tetapi perkembangan akan kembali naik pada tahun depan.

Axel van Trotsenbug, Wakil Priseden Bank Dunia bagi Asia Timur dan Pasifik mengatakan, percepatan pertumbuhan di tahun 2015 ini sejalan dengan mulai membaiknya ekonomi negara-negara maju yang akan menaikkan permintaan ekspor di wilayah ini.

Negara-negara berkembang di Asia timur dan Paifik, segi perekonomiannya akan tumbuh sekitar 6,9 persen pada tahun ini dan juga tahun depan. Pertumbuhan ini merosot dari angka sebelumnya 7,2 persen pada tahun 2013.

“Di Tiongkok, pertumbuhan akan melambat di angka 7,4 persen pada 2014, dan 7,2 persen pada tahun 2015. Hal tersebut dikarenakan Tiongkok mengupayakan perekonomian yang lebih berkelanjutan dengan kebijakan yang menanggulangi kerentangan finansial dan kendala struktural,” tutur Axel melalui video conference, dalam pembahasan East Asia Pacific Economic di Jakarta, Senin (6/10)

Selain Tiongkok, pertumbuhan di negara-negara berkembang kawasan Asia Timur dan Pasifik diperkirakan hanya sebesar 4,8 persen pada tahun 2014, lalu akan naik menajdi 5,3 persen pada tahun depan dikarenakan meningkatnya permintaan ekspor.

“Kenaikan ini diprediksi karena dampak dari peningkatan ekspor serta kemajuan reformasi ekonomi, di negara-negara besar di Asia Tenggara,”

Meskipun demikian, negara-negara yang berada di Asia Timur dan Pasifik dikatakan akan memiliki kemampuan pertumbuhan yang lebih tinggi dan cepat bila dibandingkan dengan kawasan berkembang lainnya, jika pembuat kebajikan menetapkan agenda perubahan yang ambisius.

“Ini termasuk melenyapkan halangan-halangan bagi investasi domestik, menaikkan daya saing ekspor, serta mengatur belanja publik secara rasional,” tuturnya.

Sumber : merdeka

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita