287 Sabtu, 27 September 2014 | 15:43:54

Gudang Petikemas Batuampar Diperluas BP Batam

Gudang Petikemas Batuampar Diperluas BP Batamberitadaerah

Badan Pengusaha Batam atau BP Batam, memiliki rencana memperluas gudang peti kemas di tahun 2015. Gudang yang rencananya diperluas sekitar dua hektare tersebut, akan dikerjakan paska proyek perluasan untuk peningkatan kapasitas Pelabuhan Batuampar rampung.

“Agar bisa menampung peti kemas lebih banyak lagi, kami akan melakukan penambahan perluasan pergudangan peti kemas pada tahun 2015 nanti,” ujar Dwi Djoko Wiwoho selaku Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu, di Batam, kemarin Kamis (25/9).

Ia menjelaskan, pelelangan perluasan peti kemas itu, akan dilakukan berbarengan dengan lelang pembangunan dua unit crane moden, guna mempercepat pekerjaan bongkar muat di pelabuhan. “Seluruhnya akan dikerjakan di tahun 2015 nanti, sebab sekarang ini perluasan dermaganya baru menjejaki tahap akhir,” ucapnya.

Khusus untuk perluasan Batuampar, perpanjangan dermaga utara diperkirakan menelan dana sebesar Rp 363 miliar, yang proyeknya telah dikerjakan sejak tahun 2012.

Pada masterplan BP Batam di Batuampar, dermaga perluasaan pada pelabuhan itu kini mencapai 1.050 meter. Dermaga utara sendiri berencana menambah panjang dermaga sekitar 6070 meter dengan lebar sekitar 305 meter.

Pembangunan dermaga utara itu diharapkan bisa menambah muatan bongkar muat sebesar 400 ribu TEU’s, jadi kapasitas bongkar muat di Pelabuhan Batuampar meningkat menjadi 600 ribu TEU’s.

BP Batam juga telah merancang pembangunan jalan tol dari pelabuhan Batuampar menuju sejumlah kawasan industry, guna mempercepat pendistribusian hasil industri serta pendistribusian barang kebutuhan industri.

Tidak hanya mengembangkan Pelabuhan Batuampar, pihak BP Batam juga memiliki rencana membangun sebuah Pelabuhan Alih Kapal Tanjungsauh, dengan kapasitas sekitar 4 juta TEU’s yang diprediksi menghabiskan anggaran Rp 7 triliun.

Namun, pengembangan kini terhambat, hal tersebut disebabkan status lahan yang akan dipakai masih dalam usulan agar masuk FTZ. “Sementara itu, kami akan mengoptimalkan Batuampar sebelum Tanjungsauh dibangun,” jelasnya.

Sumber : skalanews

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita