210 Sabtu, 27 September 2014 | 13:37:37

Anugerah Bapak Perumahan Indonesia untuk Bung Hatta

Anugerah Bapak Perumahan Indonesia untuk Bung HattaBung Hatta - foto tokoh

Pada Peringatan Hari Perumahan Nasional 2014 kemarin, Jumat (26/09) menobatkan Bung Hatta sebagai Bapak Perumahan Indonesia. Anugerah ini adalah sebagai penghargaan atas pemikiran dan cita-cita (alm) Mohammad Hatta dalam kepeduliaannya terhadap program perumahan rakyat Indonesia. Diharapkan bisa diteruskan kepada generasi berikutnya.

Pemberian penghargaan dari Kemenpera dilakukan Seketaris Rildo Ananda Anwar kepada perwakilan keluarga yaitu Meutia Hatta.

Rildo mengatakan Bung Hatta sebagai wakil presiden pertama RI sangat peduli terhadap program perumahan rakyat. Bung Hatta pernah berpidato dalam konferensi Ekonomi di Yogyakarta 3 Februari 1946, mengatakan tempat kediaman (perumahan) adalah bagian usaha dari perbaikan kesehatan rakyat, bukan hanya tempat tinggal tetapi hak hidup layak dan terbebas dari segala penyakit.

Bung Hatta juga pernah mengatakan usaha perbaikan perumahan yang layak bagi seluruh rakyat adalah usaha berat, biaya tinggi dan waktu yang lama. Namun usaha ini tidak dapat diberikan kepada swasta yang berpedoman keuntungan, Oleh karena itu perlu kerjasama negara dan swasta. Bung Hatta juga mengusulkan adanya Bank Industri Rumah di tiap Kabupaten untuk memberikan kredit lunak kepada rakyat.

Adiupaya Puritama 2014
Peringatan hari perumahan Nasional kemarin juga, Kementrian Perumahan Rakyat (Kemenpera) memberikan penghargaan Adiupaya Puritama 2014. Penghargaan ini diberikan kepada pemerintah kota dan kabupaten yang berhasil dalam penyelenggaraan perumahan dan permukiman bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Penghargaan ini diberikan kepada tiga kategori yaitu kota metropolitan, kota menengah/kecil dan kategori kabupaten. Dengan penghargaan Adiupaya Puritama diharapkan pemenang bisa menjadi contoh bagi kota dan kabupaten di Indonesia.

Kategori Kota Metropolitan

Juara I: Pemerintah Kota Bandung
Juara II: Pemkot Jambi
Juara III: Pemkot Administratif Jakarta Timur

Kategori Kota Menengah/Kecil

Juara I: Pemkot Cirebon
Juara II: Pemkot Palu
Juara III: -

Kategori Kabupaten:

Juara I: Pemkab Malang
Juara II: Pemkab Bandung

 


Sumber : Kemenpera, bisnis

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita