286 Senin, 22 September 2014 | 17:55:49

Giant Sea Wall untuk masalah banjir Jakarta

Giant Sea Wall untuk masalah banjir JakartaPantai Jakarta

Pemerintah terus berusaha mencari solusi untuk masalah banjir Jakarta. Salah satu cara yang dikaji secara serius adalah proyek National Capital integrated Coastal Development (NCICD).

proyek NCICD adalah proyek pembangunan terpadu pesisir ibukota yang digagas oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Program ini adalah untuk mewujudkan perlindungan banjir, sanitasi dan penyediaan air yang lebih baik. Ada beberapa tahap yang akan dilakukan dalam program ini, yaitu tipe A,TipeB, dan Tipe C.

Menurut Wakil Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja purnama (Ahok), pemprov akan lebih mengutamakan NCICD tipe A. Tipe A yaitu membangun Giant Sea Wall atau Tembok penahan air laut. Ahoke menuturkan NCICD tipe A bisa dibuatkan dengan perumahan-perumahan Mewah. Jadi perumahan tersebut bisa menjadi penahan ombak. demikian dikataknnya di Jakarta pada hari ini, Senin (22/9).

Sedangkan untuk yang tipe B Ahok merasa masih perlu dipertimbangkan lagi secara matang. Tipe B adalah penambahan kawasan. Artinya mesti ditutup laut yang begitu besar, faktornya juga harus memindahkan nelayan.

Sudah ada beberapa perusahaan asing yang tertarik untuk ikut dalam pembangunan proyek tersebut. Terutama pembangunan tahap B. Seperti perusahaan Tiongkok Fuhai Group, bersama konsultan arsitek PT Wiratman & Associates.

Tahapan B sendiri akan mulai dibangun bersamaan dengan koneksi jalan yang baru dari Bekasi ke Tangerang. Perencanaan dan desain akan mulai pada tahun 2014, pembangunan akan selesai pada tahun 2022. Pengembangan daerah perumahan akan berlanjut hingga 2030-2040.

Sumber : Liputan6

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita