407 Kamis, 18 September 2014 | 18:06:48

Proyek Rel KA Lhokseumawe Mangkir 11 Tahun

Proyek Rel KA Lhokseumawe Mangkir 11 Tahunportalkbr

Sejatinya pembangunan di Lhokseumawe, Aceh, sudah lengkap. Mulai dari kawasan industri, Bandar udara, pelabuhan hingga kereta api. Tetapi sayangnya, proyek-proyek pembangunan tersebut tidak berjalan sesuai dengan harapan.

Berdasarkan tinjauan detikFinanace saat bertandang ke Lhokseumawe dalam agenda rapat koordinasi Menko Perekonomian Chairul Tanjung dengan stakeholder di Lhokseumawe, pada hari Sabtu, akhir minggu lalu hingga selasa kemarin, ada bermacam infrastruktur di kota ini.

Seperti pelabuhan yang dikerjakan oleh PT Pelindo I (Persero). Seluruh pembangunan di pelabuhan telah lengkap, namun belum ada kapal yang berlabuh di sana, karena tidak ada wilayah industri yang aktif disana maka tidak ada barang yang dapat di angkut.

Meskipun ada Perusahaan kilang gas yaitu PT Arun NGL, akan tetapi pembuatan gas alam cair (LNG) yang di jual ke Jepang salah satunya, terus mengalami penurunan, bahkan akan berhenti produksi pada Oktober mendatang.

Begitu juga dengan pabrik pupuk, yang seharusnya bisa memproduksi 1,14 juta ton popok jenis urea milik PT. Pupuk Iskandar Muda (PIM) ini, hanya mampu membuat 570 ribu ton, bahkan salah satu pabriknya tidak berfungsi karena kekurangan pasokan gas.

Hal itu mengakibatkan PIM kelebihan karyawan, Eko Sunarko dirut PIM mengungkapkan, saat ini perusahaannya memilik 900 karyawan namun yang aktif bekerja hanya 500 saja. Sisanya masih tidak aktif sebab satu pabrik tidak produksi.

Begitu juga PT Kertas Kraft Aceh, pabrik kertas yang dulunya adalah tempat Jokowi pernah bekerja selama 4 tahun lamanya, kini mati suri sejak pasokan gas tidak ada lagi.

Rel kereta api pun tidak jelas keadaannya, proyek yang di realisasikan 11 tahun lalu, rencananya akan menghubungkan Aceh hingga Medan ini, macet akibat bencana tsunami dan belum rampung hingga saat ini, bahkan proyek tersebut terbengkalai. Di sekitar rel berdiri rumah makan sampai perumahan warga.

Sumber Medan bisnis

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita