276 Selasa, 16 September 2014 | 17:08:27

Rumah Susun Harus Pakai Pipa Gas

Rumah Susun Harus Pakai Pipa Gas

Pemanfaatan pipa gas negara mulai dirasakan oleh beberapa rusun di Jakarta. PT PGN bersama pemerintah DKI memanfaatkan energi gas bumi ke dalam infrastruktur perumahan.

Seperti yang dirasakan oleh warga rumah susun Klender, Duren Sawit Jakarta Timur. Mereka tidak lagi perlu risau untuk gonta ganti tabung gas elpiji. Utamanya adalah mereka tidak perlu pusing akan kenaikan harga gas tabung elpiji. (Baca : Mewujudkan Jakarta Eco-City, PGN siap mendukung)

Dari pihak PGN, Irwan Andriatmanto mengatakan saat ini sektor rumah tangga adalah sektor yang paling banyak dilayani oleh PGN. Dengan penggunaan gas bumi PGN, Irwan mengatakan jauh lebih murah dari pemakaian gas elpiji.

"Kalau satu rumah tangga menghabiskan satu gas elpiji setiap bulan, dengan harga sekarang berarti Rp 114 ribu. Kalau di pasar bisa Rp 120-125 ribu. Dengan jumlah pemakaian yang sama, misalnya 12 kilogram sebulan, kalau dengan menggunakan gas bumi cuma habis Rp 35-40 ribu," kata Irwan.

Sedangkan Wakil Gubernur DKI, Ahok mengatakan bahwa dengan penggunaan pipa gas, orang miskin tidak perlu lagi pakai tabung gas. Untuk itu, dia ingin membangun jaringan pipa gas ke semua rumah susun sewa di Ibukota.

Tabung Gas Elpiji sendiri sudah naik sejak 10 September 2014 yang lalu. Tabung ukuran 12 kg naik menjadi Rp 18.000, dengan demikian harga jual elpiji 12 kg di agen menjadi Rp 114.300.

Alasan dari pemerintah menaikkan harga gas elpiji adalah dikarenakan kenaikan tabung gas adalah impor. Dengan pemakaian pipa gas tentu tidak perlu lagi memakai tabung gas.

Sumber : Detik, Vivanews

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita