238 Senin, 15 September 2014 | 11:23:24

2 miliar untuk Desa Berprestasi Dari Jokowi

2 miliar untuk Desa Berprestasi Dari Jokowiblogspot : ezasyauqi

Kepala negara terpilih Joko Widodo atau yang biasa disebut Jokowi berjanji akan membangun desa di Indonesia. Dalam pertimbangannya Jokowi berencana akan memberikan insentif dana sebesar Rp 2 miliar per tahun bagi daerah atau desa yang memiliki prestasi.

“Angka sekitar Rp 1,4 miliar per desa, jika hal tersebut dapat dipertahankan, maka dapat meminimalisasi kemiskinan di desa-desa,” Ujar Budiman Sudjatmiko selaku politikus PDI Perjuangan pada minggu malam (14/9/2014).

“Namun Pak Jokowi mengatakan, jika ada desa yang memiliki prestasi bagus, akan dijanjikan anggaran insentif sebesar Rp 2 miliar,“ lanjut Budiman.

Menurut kalkulasi Budiman, ada 72 ribu desa di negara ini. Sehingga harus disiapkan anggaran Rp 140 Triliun oleh pemerintah untuk seluruh desa. Namun perhitungan tersebut tidak sesuai dengan RAPBN 2015. Karena itu efisiensi anggaran akan diberlakukan oleh pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

“Oleh karena itu, kita harus mengutak-atik RAPBN terlebih dahulu. Ada 14 kementerian yang memiliki program ke desa dan kami ketahui. Ditambah lagi dengan pemangkasan subsidi BBM, maka akan mampu mendanai desa,” ucap Budiman.

Budiman meyakinkan, Anggaran bagi desa tersebut tidak dikuasakan penggunaannya. Pemerintah tetap melakukan kontrol atas anggaran tersebut. Ada sasaran pengembangan pertanian dan pembangunan infrastruktur yang harus dijalankan oleh warga desa.

“Contohnya penerapan energi alternatif. Ada 60 macam tanaman yang dapat di olah sebagai sumber energi alternatif, dan juga persoalan mengenai pembangunan infrastruktur dan ketahanan pangan,” sambung Budiman.

Budiman menjelaskan, salah satu gagasan yang akan dipakai untuk ketahanan pangan adalah 'drone’, yaitu  pengadaan pesawat tanpa awak di desa. ‘Drone’ tersebut berguna dalam mengenali jenis tanaman yang sesuai untuk ditanam, memberikan informasi gagal panen hingga identifikasi batas lahan warga. Budiman juga mengungkapkan, dalam tiga tahun pertama pembangunan murni desa-desa dapat tercapai, hal tersebut merupakan target dari bapak Jokowi, dan ia yakin hal tersebut dapat tercapai jika adanya konsistensi mengenai anggaran itu.

Sumber : kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita