268 Sabtu, 13 September 2014 | 16:12:28

Inilah Urutan Lokasi Hunian yang Paling Diincar Konsumen

Inilah Urutan Lokasi Hunian yang Paling Diincar Konsumen

Pengembang tak perlu risau mengenai rendahnya daya jual pasar perumahan. Tidak sedikit masyarakat yang menyiapkan dana Rp 300 juta untuk membeli properti mereka, hal tersebut dapat dikemukakan berdasarkan survey yang dilakukan oleh Rumah 123.com.

“Untuk properti di atas RP 300 juta ada sekitar 48 persen lebih responden siap menjadi konsumen” Ujar Aditya Jamaludin, selaku Head of Marketing dari Rumah123.com, kepada wartawan Indonesia Property Market Sentiment Survey, pada hari kamis (11/9/14) di Jakarta.

Hal tersebut memperlihatkan bahwa kapabilitas masyarakat membeli properti benar ada. Untuk kemampuan daya beli masyarakat berkisar di antara harga Rp 300 juta sampai Rp 2 miliar rupiah.

Mario Graw, General Manager Rumah123.com juga menambahkan, bahwa dkemampuan beli di atas Rp 2 miliar sudah pasti ada, akan tetapi presentasinya agak rendah. Survei tersebut juga menginformasikan, apabila dilihat antara nilai 1-10, poin kemampuan membeli properti oleh masyarakat berada di angka 6 dan 9.

Aditya menyimpulkan daya beli properti tangan kedua ataupun properti baru oleh masyarakat cukup tinggi. Sementara itu, dari 2.590 responden, lokasi yang paling sering diburu oleh responden untuk menyewa atau membeli properti, secara urut adalah, PIK, Pondok Indah, Kemam, Sunter, Gading Serpong, Cibubur, Kelapa Gading, Harapan Indah, Bintaro dan BSD.

Selain itu, 5 aspek yang mempengaruhi keputusan responden dalam membeli properti adalah sebagai beriku. Yaitu harga, faslilitas, lokasi, ukuran dan keamanan. Menurut Aditya kelima hal tersebut, tidak jauh berbeda dengan hasil survei yang pernah dilakukan pada semester awal 2014 sebelumnya.

Survei tersebut dilakukan melalui situs secara online pada bulan Juni hingga Agustus 2014 oleh Rumah123.com. Para responden diberikan kuisiner yang terdiri dari 65 pertanyaan. Berdasarkan jawaban pertanyaan tersebutlah dapat diketahui bahwa 31 persen wanita dan 69 persen pria sebagai peminat properti.

Jika dilihat berdasarkan status pernikahan, lebih sedikit persentase yang lajang, yaitu sekitar 26 persen, dibandingkan dengan koresponden menikah yaitu sebsar 72 persen. Domisili para korespondenpun mayoritas berada di DKI Jakarta dengan persentase 37 persen, sedangkan dari segi pekerjaan, jenisnya beraneka ragam antara lain seperti wiraswasta, managerial, PNS, pegawai administrative, sales profesional dan homemaker.

Sumber : kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita