350 Jum'at, 12 September 2014 | 19:09:17

Pemerintah Harus Lebih Selektif Terhadap Tenaga Kerja Asing

Pemerintah Harus Lebih Selektif Terhadap Tenaga Kerja Asinggressnews

Permintaan untuk segera diselesaikannya peraturan dalam negeri yang mengatur tentang sertifikasi tenaga kerja asing, sebelum di terapkannya MAE atau Masyarakat Ekonomi Asean pada tahun 2015, merupakan agenda baru bagi pemerintah yang sekarang.  

Sumarna Abdurahman selaku Wakil Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi atau BNPS mengucapkan, bahwa UU No.3 tahun 2014 mengenai industri  dapat menjadi gerbang masuk terhadap upaya pengaturan bagi tenaga kerja asing, dan juga bentuk upaya untuk menaikkan kemampuan tenaga kerja lokal.

Regulasi turunan dari Undang-undang tersebut ditujukan untuk mengatur ketentuan bagi tenaga kerja asing di Indonesia, jadi tidak menghabisi keberadaan tenaga kerja lokal.

Hingga saat ini, regulasi turunan yang mengatur tentang sertifikasi tenaga kerja belum di keluarkan oleh Kemenperin. Sedangkan Kemenparekraf telah mempunyai regulasi tersebut, yaitu PP No.52 tahun 2012 menegani Sertifikasi Usaha di Bidang Pariwisata.

“Tenaga kerja asing harus diuji berpatokan pada Sertifikasi kompetensi Indonesia, oleh sebab itu pemerintah harus segera mengutamakan hal tersebut,” Ucap Sumarna, pada hari kamis 11 September 2014 kemarin.

Suwarna menambahkan, di waktu yang akan datang dengan peraturan menteri atau peraturan pemerintah yang di terbitkan, penanam modal asing tetap diizinkan membawa tenaga kerja asing ke Indonesia, akan tetapi dengan ketentuan harus berhasil dalam uji kompetensi Indonesia.

Kemampuan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar akan menjadi salah satu syarat yang diajukan, dan harus dilalui oleh para tenaga kerja asing. Menurut Sumarna persyaratan tersebut harus dicantumkan dalam regulasi domestik guna menseleksi masuknya tenaga kerja asing.

Suwarna menjadikan Thailand sebagai contoh negara yang mengharuskan kepada para pekerja sektor pariwisata mereka untuk menguasai bahasa Indonesia. Thailand telah siap mengirimkan tenaga kerja mereka di pariwisata Bali. Hal tersebutlah yang harus di perhatikan oleh pemerintah.

Thailand telah setingkat mendahuli. Dikarenakan MEA ini akan berlangsung selamanya, maka yang harus di fokuskan adalah bagaimana kita melindungi dan berupaya agar pekerja lokal bisa tetap berjaya.

Sumber : Bisnis

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita