282 Kamis, 11 September 2014 | 17:32:04

6 Calon Menpera yang Ideal dari Tokoh Properti

6 Calon Menpera yang Ideal dari Tokoh Propertitempo

Survey dari beberapa nama calon Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) telah di lakukan oleh Indonesia Property Watch (IPW). Menurut IPW sendiri beberapa nama tersebut merupakan calon yang dianggap dapat membawa solusi dan pencerahan terhadap masalah perumahan yang kini cukup menyedihkan.

Dituliskan dalam keterangan Ali tranghanda selaku pengamat properti dari IPW, survey tahap pertama telah dilakukan dengan pertanyaan terbuka tentang siapa sosok yang pantas untuk menggantikan posisi Djan Faridz sebagai menpera. Berikut nama dan profil calon menpera yang terseleksi.

Engartiasto Lukita.
Pernah mewakili partai golkar pada periode 1997-1999 dan pada 2004-2009. Kini beliau juga tergabung dengan salah satu Partai yang berkoalisi dengan Jokowi-JK yaitu Nasdem. Pada tahun 1986-1989 beliau pernah menjadi ketua Departemen REI, dan pada 1992-1995 menjadi Ketua Umum REI, lalu pada tahun 1996 beliau juga terpilih sebagai Ketua Kehormatan REI. Selain itu kegiatan beliau dalam dunia properti adalah menjadi ketua FIABCI pada tahun 1992-1995.

Eddy Ganefo
Beliau saat ini duduk sebagai ketua Umum DPP Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) dan aktif di perumahan kelas menegah kebawah. Beliau tergabung dalam partai PKB yang juga merupakan koalisi Jokowi-JK. Selain itu beliau adalah pemrakarsa Yudicial Review (YR) atau peninjauan kembali  pada  UU No. 1 mengenai pembatasan tipe rumah 36 bagi Rumah Sederhana Tapak (RST) kepada pihak Mahkamah Konstitusi (MK)

 Panangian Simanungkalit
Sejak dulu beliau dikenal sebagai pengamat properti dan pernah menyuarakan tentang pentingnya rumah rakyat. Ketika krisis terjadi di Indonesia beliau dikuasakan untuk mengerjakan restrukturisasi perumahan yang menjadi terdakwa di BPPN kala itu. Saat ini selain menjabat sebagai Dewan Pakar di Partai Demokrat, beliau juga aktif dalam kegiatan dunia pendikan properti dengan memberikan pengetahuan perumahan dan properti pada masyarakat umum.

Muhamad Nawir
Awalnya beliau menjabat sebagai Komisaris PT. Wijaya Karya Reality (WIKA Reality), anak perusahaan dari PT. Wijaya Karya (persero) Tbk, dan beliau juga menjabat sebagai Direktur Utama di PT. Wijaya Karya bangun gedung atau WIKA Gedung. Salah satu Doktor di Universitas Indonesia (UI) itu kini duduk sebagai Direktur Pemasaran Perum Perumnas.

Suharso Monoarfa
Pernah menjabat sebagai Menteri Perumahan Rakyat pada Kabinet Indonesia bersatu II, namun sebelum habis masa kerjanya ia mengundurkan diri dari jabatannya sebab alasan pribadi. Jebolan Akademi Pertambangan dan Geologi Institut Teknologi Bandung tahun 1975 itu kini aktif sebagai pengusaha dan politikus serta menajdi anggota PPP. Sebelumnya pada tahun 2004-2009 dan 2009-2014 beliau juga pernah menjadi anggota DPR.

Poling akan berlangsung hingga 21 September dan memasuki tahap II. Dengan lebih terarah dari 5 nama akan dipilih satu nama untuk di jadikan calon kuat  sebagai Menpera 2014.

Menurut Informasi yang didapat, Marwan Jafar dari partai PKB, yang namanya tidak tercantum di dalam poling juga disebut-sebut sebagai sosok yang layak untuk mengisi kursi Menpera tersebut.

Marwan Jafar sering kali mengemukakan gagasan mengenai pemberdayaan ekonomi kerakyatan, beliau saat ini menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2009-2014 mewakili Jawa Tengah. Marwan Jafar diberikan tugas menangani Kementerian Perhubungan Indonesia dan Badan SAR Nasional, Kementrian Perumahan Rakya Indonesia, Kementerian Pekerjaan Umum Indonesia di komisi V  DPR RI.

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita