227 Kamis, 11 September 2014 | 11:22:02

Uji Coba dan penerapan Uji Coba ERP di Jakarta

Uji Coba dan penerapan Uji Coba ERP di JakartaGerbang ERP - Merdeka

Pembenahan transportasi Jakarta terus dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta guna mengurangi kemacetan. Selain pengadaan transportasi massal dan penambahan Jalan, DKI Jakarta akan menerapkan sistem Electronic Road Pricing (ERP).

Saat ini sedang dilakukan Uji coba sistem ERP yang dilaksanakan di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. Bekerja sama dengan perusahaan penyediaan peralatan Kapsch, uji coba akan dilakukan lagi di Jl Hr Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

Hasil uji coba tersebut diklaim Kepala Dinas perhubungan DKI Jakarta M Akbar telah sukses berjalan, Minggu (7/9). Gerbang yang dipasang di dekat bundaran Senayan mampu melacak mobil-mobil yang sudah dipasangi On Board Unit (OBU) atau tidak. Akbar mengatakan uji coba selanjutnya adalah mengetahui daya tahan gerbang ERP yang terpasang. Hal ini disebabkan untuk melihat bagaimana daya tahan alat dalam kondisi ekstrim, seperti hujan atau angin.

Penerapannya baru bisa dilakukan pada tahun 2016. Penerapan yang lama ini dikatakan Akbar karena banyaknya persiapan yang harus dilakukan seperti pelaksanaan tender dan penegakan hukum.

Electronic Road Pricing
Sistem Electronic Road Pricing (ERP) adalah sistem jalan berbayar bagi kendaraan yang melintasinya. Tidak Jauh berbeda dengan jalan tol, tapi ERP tidak memakai loket untuk penarikan tarif masuknya. Pemerintah akan menarik langsung dari deposit si pemilik kendaraan.

Tarif yang diberlakukan dalam sistem ERP ini juga sangat bervariasi tergantung dari kepadatan kendaraan. Jika lalu lintas di kawasan ERP masih macet maka tarif akan dinaikan, dan sebaliknya. Untuk itu tarifnya bisa berubah-rubah bergantung situasi arus lalu lintas.

Akbar Optimis Sistem ini akan memecah macet di Jakarta. Kendaraan pribadi terpaksa harus bayar tinggi saat lalu lintas padat. Untuk itu, Pemprov DKI akan menyediakan 100 bus tingkat gratis untuk menunjang program ini.

Sumber : Detik, Tempo

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita