187 Rabu, 10 September 2014 | 11:21:46

Petani Kebumen Laporkan Konflik Lahan ke Jokowi

Petani Kebumen Laporkan Konflik Lahan ke Jokowiwestjavainvest

Sebanyak 16 petani dari wilayah Urut Sewu Kebumen, Jawa Tengah melaporkan sengketa agraria yang diklaim TNI Angkatan Darat di daerah tempat tinggal mereka kepada presiden terpilih Joko Widodo. Mereka menemui Jokowi bersama perwakilan masyarakat Pegunungan Kendeng guna melaporkan masalah konflik sengketa agraria di balai Kota. "Kami petani Urut Sewu menghadap Jokowi bersama dengan perwakilan masyarakat Lereng Pegunungan Kendeng untuk mengadukan permasalahan kami," ungkap Widodo Sunu Nugroho yang merupakan juru bicara Urut Sewu Bersatu, Senin (8/9/2014).

Sunu mengatakan, Joko Widodo menerima mereka selama setengah jam. Pada pertemuan tersebut, para petani Urut Sewu mengatakan masalah yang dihadapi mereka yang disebabkan latihan militer TNI AD dan klaim secara sepihak oleh TNI di lahan pantai sepanjang 324 kilometer. Selain hal tersebut, mereka juga mengeluhkan terdapatnya tambang pasir besi oleh PT Mitra Niagatama Cemerlang yang diprediksi sebagai bisnis dari TNI.

Mereka juga menunjukkan foto-foto kerusakan lahan pertanian yang disebabkan latihan militer, korban ledakan peluru, serta pembangunan pagar pembatas yang dilakukan oleh TNI. Widodo menilai, Jokowi mengatakan bahwa dia telah mendengar persoalan yang mereka sedang alami. "Sikap saya akan saya sampaikan setelah dilantik," pungkas Widodo yang menirukan perkataan yang dicetuskan oleh Jokowi.

Ketua Forum Paguyuban Petani Kebumen Selatan, Seniman yang ikut dalam rombongan juga meminta supaya Jokowi menghentikan proses pengajuan hak pakai tanah oleh TNI terhadap tanah masyarakat di Kecamatan Mirit. "Kami juga meminta penghentian pemagaran tanah yang hingga saat ini masih berlangsung," ujarnya.

Selain itu, mereka meminta supaya TNI tidak menjadikan wilayah Urut Sewu sebagai tempat latihan militer dan uji coba senjata berat. "Kami juga meminta presiden terpilih untuk mencabut tanah Urutsewu dari daftar inventaris tanah aset kodam IV/Diponegoro," paparnya.

 

 

Sumber: merdeka

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita