247 Selasa, 09 September 2014 | 10:21:23

Rp 50 Triliun Untuk Proyek KA Kalimantan.

Rp 50 Triliun Untuk Proyek KA Kalimantan.panorama

Proyek pembangunan kereta api batubara di kalimantan senilai Rp. 50 triliun yang akan di laksanakan oleh pihak swasta hanya tinggal menunggu terbitnya jaminan dari pemerintah untuk bisa segera di tandatangani oleh Jokowi.

Seperti yang telah dinyatakan oleh Bastary Panji Indra selaku Direktur Pengembangan Kerjasama Pemerintah dan Swasta (PKPS), bahwa Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional  atau Bappenas  telah menetapkan dan mengumumkan pemenang proyek tersebut yaitu PT. Mega Guna Ganda Semesta dan Konsorsium China Railway Group Limited.

“Rencana awal pencanangan ditargetkan sebelum tanggal 20 Oktober namun kemungkinan tidak terkejar, dikarenakan pihak swasta meminta agar pemerintah mengeluarkan jaminan terhadap resiko politik dan hal tersebut masih dalam proses” Ujar Bestari di Jakarta, Senin (8/9/2014).

Ia juga menjelaskan, mulanya PT. Penjamin Infrastruktur Indonesia (PII) yang akan melakukan penjaminan politik ini, namun dalam perjalanan, Pemerintah Daerah Kalimantan Tengah selaku pemilik proyek berkeberatan dengan penawaran bleid oleh pihak PII.

Seperti yang di tuturkan Bastary “  Jika terjadi penggantian, ada beban daerah untuk membiayai atau membayar kembali semua penjaminan”

Agar megaproyek ini dapat di berikan jaminan terhadap kebijakan politik yang di ambil pemerintah tanpa melalui PII, oleh karena itu Kalimantan Tengah selaku pemilik proyek tengah menyusun dokumen tersebut.

Di saat yang bersamaan investor juga tidak meminta dukungan dari pihak lain seperti dukungan konstruksi maupun dana dukungan tunai infrastruktur atau biasa disebut Viability Gap Fund (VGF).

Waktu yang diperlukan untuk konstruksi sendiri sekitar satu tahun setelah  penandatanganan dilakukan.

Seperti yang di katakan oleh Mohammad Zulfikar selaku PPP Procurement Expert Proyek Infrastructure Reform Sector Development Program (IRSDP) Bappenas bahwa finansila disain sedang dikerjakan bersamaan dengan hampir finalnya penyusunan kontrak kemitraan.

Konsorsium China Railway Mega selaku pemenang lelang telah di umumkan melalui surat pengumuman No. 006/PAN-JKA/VII/2014 dengan nilai 84,56. Penilaian tersebut di ambil berdasarkan pertimbangan administrasi, teknis dan financial.

Sumber : Bisnis

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita