228 Sabtu, 06 September 2014 | 11:37:02

Pembangunan Kawasan Industri Akan Picu Kota Mandiri

Pembangunan Kawasan Industri Akan Picu Kota Mandirimoneter

Kementerian Perindustrian menetapkan sepuluh wilayah pengembangan industri yang terdiri atas wilayah pusat pertumbuhan industri. Program ini ditargetkan dapat memicu kedatangan fasilitas penunjang perekonomian masyarakat. Wilayah tersebut antara lain adalah Papua, Papua Barat, Sulawesi bagian utara dan Maluku, Sulawesi bagian selatan, Kalimantan bagian timur, Kalimantan bagian barat, Bali dan Nusa Tenggara, Sumatra bagian utara, Sumatra bagian selatan, serta Jawa.

Dari sepuluh wilayah tersebut dipetakan 27 wilayah pusat pertumbuhan industri atau WPPI. Daerah yang langsung ditetapkan sebagai WPPI adalah yang memiliki pusat pertumbuhan industri berupa kawasan industri, dan mempunyai rencana pengembangan kawasan industri yang didukung anchor industri atau industri pendorong utama.

"Kami harapkan WPPI bisa menjadi kota satelit karena di situ ada industri, pariwisata, pendidikan, serta pusat inovasi dan pelatihan. Jadinya one stop service," ungkap Imam Haryono selaku Dirjen Pengembangan Perwilayahan Industri Kementerian Perindustrian (Kemenperin) di Jakarta, Jumat (5/9/2014).

Meskipun secara keseluruhan mayoritas wilayah pengembangan industri terdapat di luar Jawa namun porsi Pulau Jawa tetap mendominasi. Industri di tanah Jawa setara 72 persen keseluruhan industri nonmigas nasional, sementara di luar Jawa ini hanya 28 persen.

Saat ini baru ada empat provinsi yang sangat siap industri nonmigasnya berkembang baik, 4 provinsi tersebut adalah Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, serta Riau. Provinsi-provinsi ini mempunyai produk domestik regional bruto yang dominan bersumber dari industri.

Kementerian Perindustrian memproyeksikan nilai investasi sektor industri pada 2015 - 2019 mencapai Rp 1.314,92 triliun. Prognosis investasi di kawasan industri selama kurun waktu yang disebutkan sekitar Rp 657,46 triliun.

 

 

Sumber: bisnis

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita