13 Selasa, 02 September 2014 | 12:36:15

Tol Manado-Bitung Akan Dibangun Tahun Ini

Tol Manado-Bitung Akan Dibangun Tahun Inisluttoday

Perkembangan rencana pembangunan jalan tol Manado-Minut-Bitung masih terhalang persoalan pembebasan lahan. "Pertemuan terakhir kemarin dengan Gubernur, kita bicarakan untuk selesaikan pembebasan lahan," jelas Sompie Singal yang merupakan Bupati Minut, Senin (1/9/2014). Ia melanjutkan, di sepanjang jalur jalan tol yang masuk kawasan Minut, berjarak sekitar 13,5 kilometer terdapat kira-kira 100 lebih pemilik tanah yang harus mendapatkan ganti rugi. Mereka akan mendapatkan uang ganti rugi dengan biaya yang telah disiapkan sebelumnya.

"Dananya di APBD 2014 ada disiapkan sekitar Rp 10 miliar, sudah ada yang disalurkan, namun ada juga yang belum, sebab permasalahannya ada lahan yang tidak ada tuan tanahnya lantaran berada di luar daerah misalnya. Intinya masalah administrasi saja," terang Sompie.

Daerah yang masuk jalur jalan tol di antaranya yaitu Kecamatan Kalawat, Airmadidi, daerah Winawerot, serta Desa Tumaluntung.

"Mudah-mudahan dapat selesai secepatnya, dan pembangunan jalan tol sudah bisa dimulai tahun ini juga, tapi tanggungjawab kita daerah adalah pembebasan lahan tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Johannes Rumambi yang merupakan Sekretaris Daerah sekaligus tim pembebasan lahan menyatakan bahwa biaya yang disiapkan telah terserap hampir semuanya. "Sudah banyak yang terserap," terangnya. Berdasarkan informasi yang diterima oleh pihaknya, dana pembebasan lahan itu akan rutin dianggarkan di APBD pada tiap tahunnya, sampai masalah pembebasan lahan tersebut benar-benar selesai.

 

 

Sumber: tribunnews

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita