143 Selasa, 02 September 2014 | 09:57:55

Jokowi Ajak Mantan PM Jepang Tinjau Proyek MRT

Jokowi Ajak Mantan PM Jepang Tinjau Proyek MRTmerdeka

Gubernur DKI Jakarta atau Presiden Terpilih, Joko Widodo meninjau proyek Mass Rapid Transit atau MRT di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, tepatnya di depan Hotel Pullman di Jl MH Thmarin, Jakarta Pusat, Senin (1/9/2014). Beliau mengajak Yasuo Fukuda yang merupakan mantan Perdana Menteri Jepang, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Japan-Indonesia Association. Jokowi dan Yasuo Fukuda mengamati dan meninjau pembangunan stasiun bawah tanah MRT sekitar kurang lebih sepuluh menit. Pembangunan stasiun itu tengah memasuki tahap pengecoran dinding.

"Kita ingin membahas investasi-investasi di Indonesia, baik yang infrastruktur laut, kereta api dan MRT. Dan ini kita ingin melihat lapangan MRT-nya. Dia (Jepang) sangat mendukung (pembangunan MRT) ini," ungkap Jokowi.

Jokowi mengatakan, agar lebih memperkokoh hubungan bilateral, Jepang berjanji untuk meningkatkan kerjasamanya di bidang ekonomi. Melalui itu maka investasi Jepang diharapkan menjadi makin besar. "Terutama dari Jepang mau kita perkuat untuk industri, energi, infrastruktur laut dan kereta api," lanjutnya.

Fukuda mengimbuhkan, investasi Jepang di Indonesia di sektor infrastruktur ke depannya tidak hanya akan difokuskan di Jakarta, namun akan disalurkan ke seluruh Indonesia. "Pembicaraan seperti apa yang dilakukan. Proyek ini bukan untuk perkembangan Jakarta tapi seluruh Indonesia," jelas Fukuda.

Sebagai informasi, proyek pembangunan MRT terdiri dari dua tahap. Tahap pertama pembangunan MRT rute Lebak Bulus-Bundaran HI sepanjang 9,8 kilometer dimulai sejak Oktober 2013 dan ditargetkan usai pada 2017 mendatang. Di pembangunan tahap pertama, Jepang menggelontorkan biaya Rp 14,3 triliun.

Pembangunan tahap kedua, yaitu rute Bundaran HI-Kampung Bandan sepanjang 5,9 kilometer akan dimulai pada 2017. Dalam pembangunan tahap kedua diperlukan biaya sekitar Rp 13 triliun. Untuk ruas ini dijadwalkan bisa beroperasi pada 2020 mendatang.

 

 

Sumber: berita Jakarta

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita