348 Senin, 01 September 2014 | 16:08:57

Bersama Berpindah ke E-Money

Bersama Berpindah ke E-Moneylurvemeen.blogspot

Salah satu rekan di kantor merasa beruntung karena dia telah memakai kartu Flazz dari Bank Central Asia (BCA) untuk transaksi pembelian tiket Kereta Rel Listrik atau KRL dan tiket Bus Trans Jakarta. Sekarang pemakaian electronic money atau E-Money diterapkan untuk pembayaran tiket Trans Jakarta di sepanjang Koridor I. Dia mengungkapkan E-Money lebih praktis ketimbang mengeluarkan uang tunai. “Belum lagi kalau ada kembalian receh, kadang-kadang tercecer,” ungkapnya.

Pembayaran memakai E-Money diterapkan di sepanjang rute halte Blok M-Kota mulai dari 11 Agustus 2014 lalu. Kartu pembayaran untuk Trans Jakarta dikeluarkan oleh beberapa bank yaitu lain BCA dengan kartu Flazz, Bank Mandiri dengan produk e-money, BRI dengan produk Brizzi, BNI yang mempunyai Tap Cash, Bank Mega dengan Megacard, dan Bank DKI yang mempunyai produk Jakcard.

Di sisi lain, beberapa kartu E-Money keluaran enam bank tersebut juga terintegrasi untuk membayar kereta Commuter Jabodetabek. Kartu-kartu yang dimaksud ialah BCA Flazz, Mandiri e-money, BRI Brizzi dan BNI Tap Cash.

Penggunaan E-Money untuk fasilitas umum adalah bagian dari perombakan sistem agar lebih modern dan diharapkan lebih transparan dalam bertransaksi. Selain itu, penerapan ini juga memiliki tujuan untuk menghemat waktu tunggu dan mengurangi pemakaian kertas pada pembelian tiket KRL dan Bus Trans Jakarta.

Meskipun begitu, pemakaian dan penerapan E-Money memang butuh penyesuaian, terutama sikap pemerintah dalam mendidik masyarakat.

Freddy Pieloor selaku Perencana keuangan sekaligus Tim Penasihat Khusus Asosiasi Perusahaan Pialang Asuransi dan Reasuransi Indonesia (Apparindo) mengakui bahwa pemakaian uang elektronik memang lebih mudah diterima oleh kalangan kelas menengah. Hal tersebut disebabkan oleh batas minimal pengisian saldo pada kartu itu dan gaya hidup pada para kalangan kelas menengah yang semakin banyak menggunakan transportasi umum seperti KRL dan Bus Trans Jakarta.

 

 

Sumber: bisnis

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita